Kompas.com - 15/02/2021, 17:40 WIB
Ilustrasi berjemur matahari, contoh perpindahan panas secara radiasi Ingram PublishingIlustrasi berjemur matahari, contoh perpindahan panas secara radiasi

KOMPAS.com - Penyerapan vitamin D yang baik memungkinkan tubuh menyerap kalsium, dan menjalankan fungsinya secara optimal dalam melawan infeksi, serta menjaga sistem saraf dan otot bekerja normal.

Untuk mendapatkan vitamin D secara alami, cara termudah adalah membiarkan tubuh terpapar sinar matahari.

Karena pandemi, saat ini banyak orang tinggal di rumah dan tidak memperoleh paparan sinar matahari yang cukup, sehingga para dokter menganjurkan kita untuk memperoleh vitamin D dari makanan.

Namun, ada beberapa orang yang kesulitan menyerap vitamin D, dan penyakit atau kondisi tertentu dapat mempersulit penyerapan vitamin D.

Baca juga: Konsumsi Probiotik Bantu Penyerapan Vitamin D

"Tentu saja, kekurangan vitamin D akan berdampak pada tubuh. Kekurangan vitamin D membuat Anda berisiko mengalami patah tulang, osteoporosis, dan kelemahan otot," kata Melissa Prest, ahli diet terdaftar di Chicago, AS.

Cara tubuh menyerap vitamin D

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemampuan tubuh menyerap vitamin D bergantung pada asal vitamin tersebut, apakah dari makanan atau sinar matahari.

1. Makanan atau suplemen

Setelah kita makan atau mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D, tubuh menyimpan vitamin itu di dalam sel lemak sampai dibutuhkan.

Kemudian, hati dan ginjal mengubah simpanan vitamin D menjadi bentuk aktif yang dibutuhkan tubuh (dikenal sebagai kalsitriol) lewat proses yang disebut hidroksilasi.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ikuti Tips Aman Pilih Suplemen Kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X