Kompas.com - 15/02/2021, 19:29 WIB
ilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatan shutterstockilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Manfaat di balik secangkir teh hijau sudah banyak ditemukan para peneliti, seperti memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah kanker.

Nah, rupanya teh hijau mempunyai manfaat yang juga menguntungkan bagi penderita stroke.

Temuan studi terbaru yang dimuat ke jurnal Stroke menyatakan, minuman ini bisa menjadi kunci untuk memulihkan diri dari serangan jantung dan stroke.

Studi tersebut menemukan, penderita stroke yang mengonsumsi tujuh cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian 62 persen lebih rendah dibandingkan pasien yang tidak minum teh hijau.

Menurut WebMD, para peneliti melihat hasil serupa untuk penyintas serangan jantung, dan risiko kematian berkurang sebesar 53 persen.

Baca juga: Minum Teh Hijau Cara Enak Sehatkan Jantung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi yang tidak menyukai teh hijau, apalagi sampai meminum teh tersebut tujuh cangkir per hari, temuan studi juga mengungkapkan bahwa minuman hangat lain seperti kopi bisa menurunkan risiko kematian.

Namun, efektivitas kopi dalam menurunkan risiko kematian dinilai lebih rendah ketimbang teh hijau, menurut hasil studi tersebut.

Peneliti menemukan, meminum satu cangkir kopi per hari bisa menurunkan risiko kematian penderita serangan jantung sebesar 22 persen, dibandingkan penderita yang tidak rutin minum kopi.

Peserta studi juga mengalami risiko kematian 14 persen lebih rendah karena penyakit apa pun jika mereka meminum secangkir kopi setiap hari.

Baca juga: Rajin Minum Teh Hijau Memperpanjang Umur

Pada intinya, mengonsumsi teh hijau setiap hari dapat memberikan umur panjang bagi penderita serangan jantung dan stroke.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X