Kompas.com - 15/02/2021, 19:46 WIB
Bunga tanaman babchi atau bakuchiol shutterstockBunga tanaman babchi atau bakuchiol
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini, penggunaan bakuchiol dalam kandungan skincare sedang menjadi tren karena dianggap dapat menggantikan peran retinol.

Retinol dikenal sebagai salah satu zat aktif dari retinoid atau vitamin  A yang dapat memperlambat penuaan (anti aging), menyamarkan noda hitam, bekas jerawat, dan memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan kulit.

Sayangnya, retinol dirasa terlalu keras bagi beberapa orang, sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering dan memungkinkan timbulnya iritasi.

Lalu, apakah bakuchiol bisa menggantikan retinol dengan kandungan yang lebih aman bagi kulit wajah kita?

Chief Marketing Officer di PT Bluepin Indonesia Perkasa, dr. Dessy Esa S, MMRS, dipl.CIBTAC mengatakan, bahwa bakuchiol adalah bahan alami yang diambil dari tanaman Babchi (Psoralea corylifolia).

"Bakuchiol ini berasal dari tanaman yang eksis di Cina karena memiliki banyak manfaat antara lain anti bakteri, anti penuaan, dan anti peradangan."

Demikian penuturannya dalam video #Beautalk: Ep.8 yang diunggah di akun Instagram miliknya @dr.dessyesasr.

Biji babchi atau bakuchiolshutterstock Biji babchi atau bakuchiol
Dokter Dessy juga mengungkapkan, bahwa ada sebuah penelitian yang melibatkan 44 peserta yang menggunakan bakuchiol sebanyak dua kali sehari dan retinol (dengan konsentrasi 0,5 persen) sebanyak satu kali sehari.

Setelah 14 minggu pemakaian, keduanya memiliki hasil yang sama-sama efektif. Tetapi, hal tersebut masih belum bisa dikatakan sebanding karena intensitas pemakaiannya berbeda.

"Apalagi, bakuchiol itu kan berasal dari tumbuhan jadi bisa menimbulkan risiko alergi pada kulit yang sensitif dibandingkan dengan retinol yang sintetis," terangnya.

Meski demikian, dia melanjutkan, keduanya tetap bermanfaat untuk mengatasi penuaan kulit. Namun, bagi ibu yang sedang hamil atau menyusui disarankan untuk tidak menggunakan retinol.

"Bakuchiol dapat menjadi alternatif yang lebih alami untuk orang-orang yang ingin merawat kulit mereka dari proses penuaan, tanpa menggunakan retinol," tambahnya.

Baca juga: Apa Saja Tren Produk Perawatan Tubuh dan Kosmetik Tahun Ini?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X