Kompas.com - 16/02/2021, 13:50 WIB
Ilustrasi kucing mengeong. PIXABAY/FAPRO1Ilustrasi kucing mengeong.

KOMPAS.com - Bagaimana cara terbaik untuk membelai kucing?

Bagi para pecinta kucing, mungkin jawaban paling umum adalah cara yang biasa dilakukan terhadap kucing kesayangan selama ini.

Tapi benarkah demikian?

Meskipun kita mungkin berpikir membelai adalah cara yang terbukti ampuh untuk menjalin ikatan dengan kucing, tapi ternyata tak semua belaian bisa dinikmati oleh kucing.

Dr Lauren Finka, pakar perilaku kucing dari Universitas Nottingham Trent, Inggris memberikan penjelasan tentang pandangannya ini.

Baca juga: Kucing Suka Membawakan Pemiliknya Bangkai, Ternyata Ini Maksudnya

“Meskipun memang suka dibelai, namun banyak dari kucing ternyata tidak ingin dibelai seperti yang selama ini kita lakukan."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau pun kucing tersebut tak memberi reaksi penolakan, bisa jadi kucing itu hanya memberi toleransi untuk menebus keuntungan dari hubungan dengan majikannya."

Lebih lanjut Finka mengatakan, dalam urusan membelai, sebaiknya diingat bahwa kucing adalah hewan dari spesies yang pada dasarnya tidak bersifat sosial.

“Memang, kita tahu sedikit tentang ini dari perspektif ilmiah," kata dia.

Baca juga: Catnip Melindungi Kucing dari Nyamuk, Benarkah?

"Kita banyak tahu bahwa orang sering mengira kucing suka dibelai di punggung dekat pangkal ekornya, namun penelitian menunjukkan sebaliknya," kata Finka.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.