Kompas.com - 16/02/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi peregangan. PEXELS/JONATHAN BORBAIlustrasi peregangan.

KOMPAS.com - Kualitas tidur juga berbanding lurus dengan kualitas hidup lebih baik. Karenanya kita perlu mengusahakan hal-hal yang mendukung teracpainya tidur nyenyak.

Ada banyak metode pengobatan tidur secara alami yang dapat dilakukan, seperti minum teh chamomile hangat atau menebarkan aroma terapi di dalam kamar tidur.

Namun, kita seringkali melupakan satu metode berupa peregangan tubuh. Padahal dengan peregangan, tubuh akan lebih rileks dan membantu kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berdasarkan temuan studi di tahun 2016 yang dimuat ke dalam jurnal Science Direct, ditemukan kaitan antara gerakan meditasi seperti yoga dan taichi dengan kualitas tidur yang lebih baik.

Baca juga: Peregangan Sederhana Bisa Ubah Kondisi Mood

Pada umumnya orang melakukan peregangan saat bangun tidur. Lantas, apa yang membuat peregangan memengaruhi kualitas tidur seseorang?

Sebagaimana dikutip dari laman Healthline, peregangan membantu memusatkan perhatian pada napas dan tubuh kita, bukan hal yang menyebabkan stres.

Kesadaran akan tubuh kita membantu mengembangkan perhatian penuh atau mindfulness, yang membantu meningkatkan kualitas tidur.

Peregangan juga menawarkan manfaat fisik, meredakan ketegangan otot dan mencegah kram yang mengganggu tidur.

Berikut ini terdapat beberapa cara melakukan peregangan sebelum tidur yang bisa dicoba.

Baca juga: Tidur Nyenyak dan Rutin Olahraga Bisa Bantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi

1. Pelukan beruang (bear hug)

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X