Kompas.com - 17/02/2021, 11:51 WIB
Zenith Defy 21 Urban Jungle Laurent Xavier MoulinZenith Defy 21 Urban Jungle
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - 2021 sepertinya menjadi tahun yang penting untuk Zenith. Sejak awal tahun, brand jam tangan asal Swiss ini sudah merilis ulang arloji El Primero A385 dengan dial klasik berwarna coklat, dan memberi tampilan baru pada El Primero Chronomaster Sport.

Tidak selesai di situ, merek ini juga mendandani jam tangan seri Defy 21 dengan menambahkan warna baru pada casing keramiknya, yakni warna hijau khaki, dan menjulukinya The Urban Jungle.

Zenith Defy 21 Urban JungleZenith Zenith Defy 21 Urban Jungle
Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2017, Defy 21 adalah jam tangan chronograph Zenith tercepat di dunia.

Jam tangan ini menggunakan mesin El Primero 1969 yang kecepatannya ditingkatkan dari 5Hz menjadi 50Hz dan presisinya dinaikkan sepuluh kali lipat, dari 1/10 detik menjadi 1/100 detik untuk pembacaan chronograph.

Selama tiga tahun terakhir, Defy 21 telah dirilis dalam casing titanium, serat karbon, dan keramik.

Nah, perubahan terbesar The Urban Jungle dibanding seri Defy 21 sebelumnya adalah desain casingnya. Bentuk lug dengan diameter 44mm tetap dipertahankan, tetapi dibuat menggunakan keramik hijau matte.

"Desain ini dimaksudkan untuk menonjolkan elemen arsitektur modern, sedangkan warna bergaya militer memberikan kesan gaya streetwear," ujar Romain Marietta, Head of Products Zenith dalam konferensi online Jumat (29/1/2021). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa yang Membuat Jam Tangan Zenith Chronomaster Sport Istimewa?

Push atau tombol di sisi jam dibuat dalam bentuk persegi panjang, sedangkan mahkota (crown) pada arah jam 3 dibuat dengan titanium polos untuk menambahkan sentuhan kontras.

Di dalam Zenith Defy 21 Urban Jungle berdetak mesin chronograph otomatis paling cepat di dunia, El Primero 9004 buatan Zenith. Mesin dengan cadangan daya 50 jam itu diperlihatkan lewat dial transparan serta bisa juga diintip dari balik jam.

Bila kita melihat bagian depan arloji, hal yang paking menonjol adalah jarum berekor bintang yang berputar penuh setiap detik. Jarum ini menunjukkan waktu hingga 1/100 detik yang terlihat pada skala berwarna perak.

Kita juga akan menemukan sub-dial penghitung 30 menit berwarna perak pada arah pukul 3 dan sub-dial hitam penghitung 60-detik pada pukul 6, selain indikator detik kecil minimalis di pukul 9.

Indikator cadangan daya diletakkan di bawah angka 12, sedangkan jika ingin melihat waktu, jarum penunjuk jam berlapis rhodium dibuat jelas dalam warna putih berpinggiran hitam.

Menyesuaikan dengan tampilannya, Zenith melengkapi The Urban Jungle dengan tali berwarna hijau militer.

Jam tangan Zenith Defy 21 Urban Jungle dipasarkan dengan harga sekitar Rp 203 juta. Tertarik?

Baca juga: Zenith Segarkan Kembali A385, Cocok bagi Penggemar Arloji Klasik



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.