Kompas.com - 17/02/2021, 12:34 WIB
Ilustrasi olahraga di rumah. SHUTTERSTOCK/NATTAKORN MANEERATIlustrasi olahraga di rumah.

KOMPAS.com - Ada banyak influencer kebugaran (fitness influencer) yang bisa kita temukan di media sosial.

Banyak di antara mereka yang kreatif dalam membuat konten sehingga menarik perhatian warganet.

Sayangnya, potensi penyebaran informasi yang kurang akurat juga sangat besar. Tak semua figur yang masuk kategori "influencer" sudah menyampaikan informasi kebugaran yang tepat.

Faktanya, sebuah penelitian terbatu tentang konten kebugaran yang dilakukan TikTok menemukan ada 27 persen video yang dianalisa ternyata memberikan informasi tentang postur (form) atau saran yang salah.

Di antara informasi salah tersebut, latihan kettlebell swings adalah yang paling sering salah dipraktikkan, yakni 80 persen.

Tapi, orang-orang awam kemungkinan tidak akan tahu bahwa itu salah.

Hanya karena seseorang punya tubuh yang tampak ideal dan punya pengikut banyak di media sosial, bukan berarti mereka sebetulnya punya kredibilitas yang cukup untuk memberikan saran kebugaran.

Baca juga: Cermat Memilih Olahraga Sesuai Usia

Pelatih kebugaran sekaligus pendiri Bel, Liam Cavanagh, adalah salah satu yang merasa gerah dengan banyaknya influencer yang memberikan saran kebugaran dan pola makan, serta mendapatkan keuntungan finansial dari situ, padahal tidak punya kredibilitas yang cukup untuk berbagi.

Bel yang didirikan oleh Cavanagh sendiri merupakan situs yang membantu orang-orang menemukan pelatih kebugaran tersertifikasi.

Mengikuti saran dari fitness influencer yang tidak tepat bukan hanya menghalangi kamu mencapai target kebugaran yang ingin diraih, tetapi juga bisa berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X