Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2021, 16:38 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Denim atau sering disamakan dengan bahan jeans, merupakan kain katun yang ditenun dengan benang biru. Karateristik utamanya adalah kokoh dan tahan lama. Meski demikian, dalam produksinya sebenarnya denim menyumbang limbah yang besar.

Mata dunia mode kini beralih kepada mode yang berkelanjutan atau ramah lingkungan, termasuk dalam hal produksi denim.

Pendiri KIND Denim, merek denim lokal yang berkelanjutan, Donna Priadi, mengatakan, untuk memproduksi satu buah celana denim saja dibutuhkan sekitar 7000 liter air.

Koleksi merek denim lokal, KIND.Dok KIND Denim Koleksi merek denim lokal, KIND.
Sebagai pecinta denim, Donna pun mengaku merasa tergerak untuk menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Tips Menerapkan Fesyen Berkelanjutan

Di awal Februari 2021, ia meluncurkan merek pertamanya KIND Denim dengan konsep berkelanjutan.

“Material yang dipakai memakai bahan baku ramah lingkungan, dengan proses produksi yang hemat energi, dan menggunakan packaging dari bahan daur ulang yang mendukung sustainable fashion,” sebut Donna kepada Kompas Lifestyle.

KIND juga menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, seperti katun, fiber, dan lycra, yang tersertifikasi dan tidak menghasilkan limbah yang menyebabkan pencemaran dalam proses produksinya.

Donna menjabarkan, bahan katun organik 100 persen dengan sertifikat Cotton USA menjadi pilihannya.

“KIND Denim juga menggunakan kapas daur ulang dari limbah sendiri seperti sisa benang, benang celup, dan limbah kapas. Kami tidak akan berhenti meningkatkan usaha-usaha ramah lingkungan dalam proses produksinya,” ujarnya.

Baca juga: Ini Asal Mula Mengapa Denim Kebanyakan Berwarna Biru

Komitmen itu juga ia wujudkan dengan menggandeng TBF Consultant, sebuah platform fashion sekaligus fashion incubator yang membantu pengembangan bisnis yang mendukung konsep mode berkelanjutan.

“Saya juga didukung oleh Grandtex Denim dalam mendapatkan sustainable denim fabric dengan konsep eco green dan zero waste,” paparnya.

Logo KIND Denim, ungkap Donna, merupakan representasi ramah lingkungan melalui air bersih mengalir dengan bentuk aliran yang semakin besar.

Selain celana, KIND Denim juga menghadirkan jaket dan rompi, untuk pria dan wanita, yang dijual mulai dari harga Rp 499.000 – Rp 999.000.

Baca juga: Belum Terlambat Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com