Kompas.com - 17/02/2021, 16:38 WIB
KIND Denim yang menggunakan bahan ramah lingkungan. Dok KIND DenimKIND Denim yang menggunakan bahan ramah lingkungan.

KOMPAS.com – Denim atau sering disamakan dengan bahan jeans, merupakan kain katun yang ditenun dengan benang biru. Karateristik utamanya adalah kokoh dan tahan lama. Meski demikian, dalam produksinya sebenarnya denim menyumbang limbah yang besar.

Mata dunia mode kini beralih kepada mode yang berkelanjutan atau ramah lingkungan, termasuk dalam hal produksi denim.

Pendiri KIND Denim, merek denim lokal yang berkelanjutan, Donna Priadi, mengatakan, untuk memproduksi satu buah celana denim saja dibutuhkan sekitar 7000 liter air.

Koleksi merek denim lokal, KIND.Dok KIND Denim Koleksi merek denim lokal, KIND.
Sebagai pecinta denim, Donna pun mengaku merasa tergerak untuk menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Tips Menerapkan Fesyen Berkelanjutan

Di awal Februari 2021, ia meluncurkan merek pertamanya KIND Denim dengan konsep berkelanjutan.

“Material yang dipakai memakai bahan baku ramah lingkungan, dengan proses produksi yang hemat energi, dan menggunakan packaging dari bahan daur ulang yang mendukung sustainable fashion,” sebut Donna kepada Kompas Lifestyle.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KIND juga menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, seperti katun, fiber, dan lycra, yang tersertifikasi dan tidak menghasilkan limbah yang menyebabkan pencemaran dalam proses produksinya.

Donna menjabarkan, bahan katun organik 100 persen dengan sertifikat Cotton USA menjadi pilihannya.

“KIND Denim juga menggunakan kapas daur ulang dari limbah sendiri seperti sisa benang, benang celup, dan limbah kapas. Kami tidak akan berhenti meningkatkan usaha-usaha ramah lingkungan dalam proses produksinya,” ujarnya.

Baca juga: Ini Asal Mula Mengapa Denim Kebanyakan Berwarna Biru

Komitmen itu juga ia wujudkan dengan menggandeng TBF Consultant, sebuah platform fashion sekaligus fashion incubator yang membantu pengembangan bisnis yang mendukung konsep mode berkelanjutan.

“Saya juga didukung oleh Grandtex Denim dalam mendapatkan sustainable denim fabric dengan konsep eco green dan zero waste,” paparnya.

Logo KIND Denim, ungkap Donna, merupakan representasi ramah lingkungan melalui air bersih mengalir dengan bentuk aliran yang semakin besar.

Selain celana, KIND Denim juga menghadirkan jaket dan rompi, untuk pria dan wanita, yang dijual mulai dari harga Rp 499.000 – Rp 999.000.

Baca juga: Belum Terlambat Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.