Kompas.com - 18/02/2021, 06:24 WIB
Ilustrasi bangun tidur mengecek ponsel. Ilustrasi bangun tidur mengecek ponsel.

KOMPAS.com - Beberapa perubahan sederhana di pagi hari ternyata bisa memberikan perubahan besar terhadap kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Bahkan, kebiasaan positif di pagi hari juga dapat memengaruhi tingkat energi dan produktivitas kita.

Sayangnya, banyak orang menjalani sejumlah kebiasaan buruk di pagi hari tanpa menyadarinya, terlebih di masa pandemi Covid-19 ketika masalah sepertinya jauh lebih besar dan rutinitas seolah tak lagi dibatasi siang dan malam.

Tapi, semua itu bisa diubah.

Melansir HuffPost, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari ketika bangun tidur demi memiliki hari-hari yang lebih produktif dan penuh energi, di antaranya:

1. Menekan tombol snooze
Banyak dari kita yang mengandalkan alarm untuk bangun pagi, namun tak sedikit pula yang menekan tombol snooze atau tunda ketika alarm berbunyi.

Hindari kebiasaan buruk ini karena sama sekali tidak bermanfaat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, meskipun menambah sedikit waktu tidur sepertinya terasa nikmat, namun sebenarnya waktu tambahan itu tidak benar-benar membuat kita lebih segar.

Selain itu, kebiasaan buruk ini juga bisa mengganggu periode tidur rapid-eye movement (REM) yang lebih lama, yang cenderung terjadi di pagi hari.

Padahal, gangguan pada siklus tidur alami berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan mental, seperti masalah kognitif dan depresi, serta masalah fisik, seperti gangguan metabolisme.

Halaman:


Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.