Tanda Harus Cari Hobi Baru, dan Cara Menemukan yang Cocok

Kompas.com - 18/02/2021, 10:43 WIB
. SHUTTERSTOCK/Alena Ozerova.

KOMPAS.com - Melakukan hal-hal yang disenangi alias hobi adalah salah satu cara mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan.

Tapi tidak menutup kemungkinan tetap ada rasa bosan walau sudah melakukan hobi. Bila itu yang terjadi, maka mungkin hobi tersebut sudah tidak sesuai dengan kebutuhan.

Adanya perubahan dalam hidup bisa membuat kebutuhan diri juga berubah. Ini mungin yang menjadi alasannya mengapa melakukan hobi tetap tak mampu mengusir kebosanan.

Baca juga: 3 Alasan Orang yang Hobi Masak Lebih Jarang Stres

Pelatih kehidupan Kimberly Lucht mengungkapkan, saat hobi sudah tidak bisa menghilangkan kebosanan, cobalah bertanya kepada diri sendiri.

Tanyakan apakah melakukan hobi tersebut membuat perasaan cemas atau tenang dan apakah ada kegiatan lain yang membuat perasaan lebih bahagia.

Jika jawabannya hobi yang sekarang tidak mampu mendatangkan kebahagiaan, tak ada salahnya mencari hobi baru.

Lucht mengatakan, ada empat kategori hobi untuk dijelajahi yakni berkaitan dengan fisik, otak, kreatif, dan komunitas atau berorientasi layanan.

Baca juga: Perlengkapan Hobi Lama, Simpan atau Buang?

Berikut penjelasan untuk masing-masing kategori hobi.

1. Fisik

Hobi ini membuat tubuh bergerak aktif seperti menari, yoga, dan hiking. Hobi fisik membantu mengalihkan pikiran untuk sejenak yang membuat perasaan lebih baik.

2. Otak

Bermain sudoku, membaca, dan memecahkan teka-teki adalah hobi yang berkaitan dengan aktivitas otak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X