Kompas.com - 18/02/2021, 13:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Menjaga daya tahan tubuh termasuk salah satu kunci untuk mencegah infeksi Covid-19. Sejumlah vitamin bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan imunitas.

Kita dapat memperoleh vitamin C, D, K, atau seng (zinc) dari suplemen, makanan utuh, atau paparan sinar matahari.

Studi terbaru menunjukkan, melengkapi tubuh dengan vitamin dan mineral esensial dapat membantu melawan Covid-19.

Baca juga: Peneliti Sebut Vitamin C dan Zinc Tak Terbukti Mengurangi Gejala Covid-19

1. Vitamin K

Vitamin K dikenal karena fungsinya terhadap kesehatan kardiovaskular, tetapi para peneliti menemukan vitamin ini juga bermanfaat untuk mengobati Covid-19.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Bispebjerg Hospital di Denmark mengungkap bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 memiliki kadar vitamin K yang rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai catatan, kekurangan vitamin K adalah salah satu faktor yang dapat memprediksi tingkat kematian lebih tinggi pada pasien Covid-19.

Di samping itu, masalah utama pasien Covid-19 adalah gagal bernapas, namun hasil lain yang dicatat adalah trombosis atau pembentukan gumpalan darah.

Baca juga: 12 Makanan yang Mengandung Vitamin K Tinggi

Sebuah studi dari para peneliti di Canisius Wilhelmina Hospital di Belanda menunjukkan, tingkat vitamin K yang optimal berperan dalam pencegahan penggumpalan darah dan kesehatan paru-paru.

Studi tersebut menunjukkan, dengan meningkatkan asupan vitamin K, maka pasien bisa hidup lebih baik saat melawan Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X