BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Rajin Kumpul Bareng Sahabat Bikin Tubuh dan Pikiran Sehat, Lho!

Kompas.com - 18/02/2021, 19:04 WIB
Ilustrasi menghabiskan momen kebersamaan bersama sahabat. Dok. Oppo IndonesiaIlustrasi menghabiskan momen kebersamaan bersama sahabat.
|

KOMPAS.comPersahabatan merupakan salah satu hubungan berharga dalam hidup manusia. Selain menyenangkan, beragam manfaat kesehatan juga bisa didapat dari bentuk relasi ini.

Dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (24/8/2019), orang-orang yang terlibat dalam hubungan pertemanan dan rajin menghabiskan waktu bersama cenderung terhindar dari perasaan kesepian.

Bukan itu saja, pertemanan sehat juga punya sederet manfaat bagi kesehatan mental lain, mulai dari meningkatkan kebahagiaan, menumbuhkan rasa percaya diri, membantu mengatasi trauma, hingga mendorong untuk mengubah kebiasaan buruk.

Masih dari sumber serupa, orang dewasa dengan dukungan sosial yang kuat juga minim mengalami masalah kesehatan serius, seperti depresi, tekanan darah tinggi, dan kelebihan indeks massa tubuh (BMI). Tak heran, orang dewasa yang lebih tua dengan kehidupan sosial yang kaya cenderung hidup lebih lama.

Umumnya, momen kumpul bersama sahabat tak jauh-jauh dengan kegiatan mengobrol. Padahal, melakukan aktivitas baru dan menarik akan membuat pribadi individu yang terlibat dalam sebuah relasi menjadi lebih baik, sebagaimana diungkapkan psikolog Gary W Lewandowski Jr, PhD dalam laman Psychology Today, Senin (10/2/2020).

Nah, biar momen kumpul bareng sahabat makin berkesan, berikut Kompas.com rangkumkan tiga aktivitas seru yang wajib kamu coba.

Binge watching

Punya kesamaan tontonan, baik itu judul, jenis maupun genre, dengan sahabat? Daripada binge watching atau menonton film secara maraton sendirian, akan lebih menyenangkan jika hal tersebut dilakukan bersama kawan.

Saat nonton film atau serial TV bareng, kamu dan temanmu bisa berdiskusi tentang banyak hal yang ada di tontonan itu. Hal ini bisa menambah wawasan sekaligus kedekatan satu sama lain.

Untuk menambah keseruan suasana nonton bareng, jangan lupa sediakan camilan dan minuman yang menjadi favorit bersama.

Memasak hidangan kesukaan

Sama seperti menonton film, memasak bersama akan terasa lebih menyenangkan. Proses memasak pun makin ringan karena kamu dan sahabatmu bisa berbagi tugas.

Untuk pilihan menu, tak ada salahnya kamu dan sahabat mencoba membuat hidangan yang menjadi favorit bersama.

Agar tak repot, sebaiknya susun rencana tersebut dari jauh-jauh hari. Jangan lupa siapkan daftar putar lagu biar momen memasak bersama semakin seru.

Workout bareng

Tak sedikit orang masih enggan berolahraga sekalipun paham manfaat yang didapat dari aktivitas tersebut. Salah satu penyebabnya adalah kurang motivasi.

Jika kamu berada dalam situasi tersebut, tak ada salahnya mencoba workout bareng sahabat. Menurut penelitian dari University of Zurich, Swiss, yang dipublikasikan The British Psychological Society (2015), seseorang akan lebih bersemangat berolahraga jika aktivitas itu dilakukan bersama teman.

Kemudian, studi dari para ilmuwan Jepang yang dimuat di jurnal Scientific Reports (2016) menyebut bahwa berolahraga bersama lebih menyehatkan ketimbang melakukan sendirian, sekalipun frekuensinya lebih sedikit.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan bareng sahabat. Begitu pula dengan pilihan tempatnya. Contohnya, seperti fitness di gym yang menjadi kegemaran Cinta Laura dan Deddy Corbuzier.

Pertemanan sehat kedua selebritas tersebut bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk menjadikan sahabat sebagai partner gym terbaik.

Pertemanan sehat antara Deddy Corbuzier dan Cinta Laura.Dok. Oppo Indonesia Pertemanan sehat antara Deddy Corbuzier dan Cinta Laura.

Itulah tiga kegiatan seru yang bisa kamu lakukan bersama teman. Agar momen kebersamaan tetap hidup dan terkenang selamanya, jangan lupa untuk mengabadikannya dalam bentuk video.

Pasalnya, momen berkumpul bersama sahabat biasanya tak terlepas dari candaan atau tingkah-tingkah konyol yang mengundang gelak tawa. Hal tersebut belum tentu terulang lagi.

Kamu bisa memanfaatkan sejumlah fitur video editor yang tersedia di smartphone untuk mendapatkan hasil rekaman yang lebih apik dan artistik.

Pada Oppo Reno5, misalnya. Video artistik bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fitur AI Mixed Portrait yang tersemat pada ponsel pabrikan Tiongkok tersebut.

Fitur berbasis artificial intelligence (AI) itu mampu mengombinasikan dua mode rekaman sekaligus, yakni video yang berjalan pada latar belakang dengan video portrait.

Ada dua mode efek yang dapat dipilih, yakni blend dan siluet. Penggunaannya pun cukup gampang. Pilih mode AI Mixed Portrait yang ada di aplikasi kamera dan rekam video latar belakang dan video dengan obyek manusia.

Setelah itu, Oppo Reno5 akan secara otomatis menggabungkan kedua rekaman menjadi sebuah video berdurasi 15 detik dengan tampilan artistik karena efek double exposure.

Jika ingin merekam momen bersamaan dari dua perspektif, kamu bisa gunakan fitur Dual-view Video. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan perekaman ganda melalui kamera depan dan belakang secara berbarengan.

Dengan begitu, kamu tak perlu takut kehilangan momen berharga bersama sahabat. Contohnya, seperti video pertemanan sehat Cinta Laura dan Deddy Corbuzier berikut.

Ada pula fitur AI Highlight Video yang dilengkapi dua algoritma kecerdasan buatan, yaitu Ultra Night Video dan Live High Dynamic Range (HDR). Pada dasarnya, fitur ini mampu mendeteksi cahaya secara otomatis sehingga hasil tangkapan terlihat alami.

Dalam kondisi minim cahaya, kamera akan mengaktifkan algoritma Ultra Night Video sehingga video yang dihasilkan tetap terlihat cerah, tajam, dan alami.

Sebaliknya, saat latar belakang memiliki cahaya kuat, HDR Live akan otomatis bekerja untuk menyeimbangkan obyek dan latar belakang. Mode ini cocok digunakan untuk merekam momen-momen yang dilakukan di ruang terbuka dan sarat akan cahaya alias berpotensi backlight. Misalnya, di pantai atau gunung dalam situasi matahari terbenam atau tenggelam.

Oppo Reno5.Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno5.

Tak hanya mendukung kebutuhan videografi, Oppo Reno5 juga dilengkapi sejumlah fitur lain yang berfungsi menunjang aktivitas pengguna. Sebut saja Near-Field-Communication (NFC) yang mendukung transaksi pembayaran digital.

Fitur selanjutnya adalah pengisian daya cepat 50W Flash Charging yang memungkinkan baterai terisi hingga 100 persen dalam waktu 48 menit.

Soal kenyamanan visual, Oppo Reno5 tak perlu diragukan lagi. Ponsel pintar ini telah dilengkapi layar berteknologi AMOLED dengan refresh rate 90 Hz dan memiliki desain Diamond Spectrum yang mampu menampilkan ribuan warna.

Jika tertarik menjajal kemampuan Oppo Reno5 kamu bisa dapatkan ponsel pintar ini dengan harga Rp 4.999.000.

Oppo Reno5 Limited Edition Duo Box.Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno5 Limited Edition Duo Box.

Agar momen nonton bareng sahabat semakin seru, tak ada salahnya kamu memiliki cardboard projector Oppo Reno5 Limited Edition Duo Box. Khusus perangkat ini, Oppo Indonesia menyediakan penawaran spesial, yaitu gratis akses VIU selama 24 bulan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur dan spesifikasi Reno5, kamu bisa dapatkan dengan mengunjungi situs resmi Oppo Indonesia


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya