Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2021, 21:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Geo.TV

KOMPAS.com - Pangeran Charles pernah memarahi Putri Diana karena mengenakan gaun berwarna hitam saat mereka masih bertunangan.

Keduanya dikabarkan memperdebatkan gaun itu sebelum penampilan mereka dalam konser penggalangan dana di Goldsmiths Hall, London pada 9 Maret 1981 silam.

Salah satu penyebab perdebatan itu adalah karena aturan yang harus dipatuhi para bangsawan, di mana mereka mengenakan pakaian hitam selama masa berkabung saja.

Ibu dari Pangeran Harry itu mengungkapkan rincian tentang insiden tersebut selama wawancara yang direkam secara diam-diam pada tahun 1991 untuk biografinya "Diana: Her True Story" oleh Andrew Morton.

"Saya ingat, saat sedang berjalan ke ruang kerja calon suami saya, kemudian dia marah karena saya pakai gaun hitam yang hanya boleh dikenakan untuk berkabung," terangnya.

"Saya pikir tidak apa-apa gadis seusia saya memakai gaun ini," imbuh dia dalam rekaman rahasia.

Sang Putri mengenakan gaun hitam Christina Stambolian pada malam yang sama ketika sebuah film dokumenter ditayangkan di televisi nasional, di mana Prince of Wales mengakui bahwa dia tidak setia pada Diana.

Diana baru berusia 19 tahun ketika dia bertunangan dengan Charles yang berusia 32 tahun. Saat itu, dia diberitahu untuk mengikuti tren mode yang sama seperti bangsawan lainnya.

Baca juga: Kontroversi Fesyen dalam Sejarah Keluarga Kerajaan Inggris

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Geo.TV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com