Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2021, 07:31 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang yang sulit keluar ketika berada dalam toxic relationship atau hubungan beracun. Namun hal itu terjadi bukan tanpa alasan.

Menurut Kei Savourie selaku CEO Kelas Cinta, penyebab orang terjebak dalam toxic relationship karena merasa hidupnya tidak bahagia dan kesepian.

"Orang yang hidup dalam toxic relationship itu tinggal di dunia kecil yang hanya ada dia dan pasangannya. Dia merasa enggak ada teman, enggak ada yang mendukung."

Demikian kata Kei dalam siaran langsung di akun Instagram @my.kindoflife bertajuk 'Terjebak Toxic Relationship', Kamis (18/2/2020).

Baca juga: 5 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan yang Beracun

Lebih lanjut Kei menjelaskan, ketika seseorang terjebak dalam toxic relationship, dia merasa sendirian karena semua orang menyuruhnya mengakhiri hubungan.

Orang-orang terdekat mungkin bisa melihat jika hubungan tersebut tidak sehat. Namun tidak dengan mereka yang terjebak dalam toxic relationship.

"Semakin disuruh putus, malah semakin enggak bisa. Sebab mereka merasa hanya pasangannya yang mengerti, sedangkan yang lain menentang," ujar Kei.

Dia menekankan, orang yang terjebak dalam toxic relationship tidak bisa dinasihati untuk mengakhiri hubungan.

Bila orang terdekatnya ingin orang tersebut keluar dari hubungan beracun, maka cara yang perlu dilakukan adalah mengenalkan konsep kebahagiaan.

Ajak orang tersebut bercerita mencurahkan isi hatinya, pergi bersenang-senang, berkenalan dengan orang lain, dan lain sebagainya.

"Intinya untuk keluar dari toxic relationship harus mencicipi kebahagiaan. Begitu orang tersebut bisa merasa happy tanpa pasangannya, dia bisa menjauh dari hubungan tersebut," kata Kei.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Butuh support system yang baik untuk membuat orang yang terjebak dalam toxic relationship merasa aman dan nyaman di luar hubungannya.

Baca juga: Kenali, 7 Tanda Toxic Relationship dan Cara Mengatasinya

Tips terhindar

Tak jauh berbeda, tips supaya terhindar dari toxic relationship adalah harus merasa bahagia. Walaupun terdengar mudah, namun praktiknya sulit.

"Untuk be happy itu harus mengerjakan banyak hal. Punya pergaulan luas, happy dengan hidup, punya prestasi dan hobi," ungkap Kei.

Memiliki kebahagiaan membuat seseorang mudah mendeteksi orang yang 'beracun'. Sebab biasanya orang tersebut datang untuk mengusik kebahagiaan yang ada.

Mereka yang terjebak dalam toxic relationship biasanya tidak bahagia dengan hidupnya. Mereka merasa kesepian sehingga tidak bisa mendeteksi sesuatu yang salah.

Bagi mereka, yang terpenting adalah memiliki pasangan dan tidak lagi kesepian. Mereka tidak peduli pasangannya membawa pengaruh buruk atau tidak.

"Tapi kalau sebelumnya sudah bahagia dengan hidup, maka tidak akan mengizinkan siapapun mengusik kebahagiaan tersebut," pungkas Kei.

Baca juga: 8 Hal Penting yang Terlewatkan Jika Mempertahankan Toxic Relationship

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com