Kompas.com - 19/02/2021, 08:33 WIB
Ilustrasi kebotakan Manuel-F-OIlustrasi kebotakan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, pria bisa mengalami kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan.

Separuh pria di dunia akan mengalami kerontokan rambut di usia 50 tahun, dan sekitar 70 persen pria kehilangan rambutnya seiring usia, menurut Cleveland Clinic.

Lalu, 25 persen pria botak melihat tanda awal kerontokan rambut sebelum berusia 21 tahun.

"Namun kemajuan baru-baru ini menawarkan banyak harapan baik dalam mengobati dan mencegah berbagai jenis kebotakan," kata dokter kulit Amy Kassouf, MD.

Saat ini, peneliti bisa menumbuhkan folikel rambut di laboratorium. Beberapa peneliti bahkan memelajari pengobatan kanker baru yang membuat rambut tumbuh, alih-alih rontok.

Namun, uji coba ini belum akan diterapkan secara massal dalam waktu dekat, sehingga kaum adam perlu memahami lebih jauh seputar kebotakan dan cara penangannya.

Baca juga: Cara Merawat Rambut agar Jauh dari Kebotakan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana kebotakan terjadi

Setiap pria mewarisi gen kebotakan. Artinya, perkembangan Androgenetic alopecia (AGA) atau pola kebotakan pria bergantung pada interaksi faktor endokrin dan kecenderungan genetik.

Sederhananya, jika ayah atau paman kita botak, kemungkinan besar kita tidak dapat melarikan diri dari "nasib" yang sama.

Ketika mencapai masa pubertas, kita menghasilkan androgen atau hormon seks.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X