Selalu Mengatakan "Ya" Ternyata Bisa Hambat Kesuksesan

Kompas.com - 19/02/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi sukses dan bahagia. PEXELS/JILL WELLINGTONIlustrasi sukses dan bahagia.

KOMPAS.com - Sering kali kita lebih fokus dengan bagaimana menjadi orang yang sukses alih-alih mengurangi kebiasaan buruk yang menjauhkan kita dari kesuksesan.

Padahal, aspek itu tak kalah pentingnya. Semakin banyak kebiasaan buruk yang bisa kita singkirkan, maka akan semakin terkikis batasan-batasan kita dalam mencapai kesukesan.

Salah satu kebiasaan buruk yang mungkin tidak disadari namun sering dilakukan adalah mengatakan "ya" pada pada semua orang dan segala hal.

Menurut The Daily Positive, kebiasaan ini akan membuatmu tidak memiliki ruang, waktu atau tenaga untuk fokus pada hal-hal yang paling kamu inginkan.

Ada beberapa kemungkinan mengapa seseorang mengatakan "ya" pada semua hal, di antaranya:

1. Tidak menyadari melakukan hal itu
Ada sebagian orang yang selalu mengatakan "ya" tetapi tidak menyadari hal itu.

Mereka tahu bahwa mereka tidak mencintai hidup mereka dan tidak mengalami hasil yang diinginkan, tetapi belum menyadari bahwa kebiasaan buruk mereka itu berkaitan dengan sukses di masa depan.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bikin Sulit Kaya, Menurut Para Miliarder

2. Tahu tapi tidak bisa berhenti
Seseorang bisa saja tahu bahwa dirinya selalu mengatakan "ya" pada semua orang, namun merasa canggung jika menolak atau mengatakan "tidak".

Mereka punya pemahaman bahwa mengatakan "ya" akan membuat dirinya menjadi orang baik dan orang baik akan membuat orang lain bahagia serta bisa menjaga kedamaian.

Mereka tidak tahu bagaimana untuk mengatakan "tidak" kepada orang lain tanpa menghilangkan kesan hormat terhadap orang lain dan dirinya sendiri.

Baca juga: 5 Kebiasaan Pagi Hari Para Orang Sukses Setelah Bangun Tidur

3.Tahu dan suka melakukannya
Ada pula orang-orang yang tahu bahwa dirinya selalu mengatakan "ya", tetapi senang melakukan itu.

Sebab, mereka meyakini hal itu membuat mereka merasa dibutuhkan dan punya rasa memiliki.

Meskipun, hal itu terkadang menguras tenaga mereka dan tidak sejalan dengan apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X