Sepatu yang Terinspirasi Kaki Monster Karya Desainer Beate Karlsson

Kompas.com - 19/02/2021, 17:36 WIB
Koleksi sepatu monster dari label AVAVAV, karya desainer, Beate Karlsson. Sumber: https://avavav.com KOMPAS.COM/RYAN SARAKoleksi sepatu monster dari label AVAVAV, karya desainer, Beate Karlsson. Sumber: https://avavav.com

KOMPAS.com - Monster dikenal sebagai sosok yang penuh dengan keburukan dan mengerikan. Namun di tangan seniman dan desainer, Beate Karlsson, monster justru menjadi ide menarik untuk industri fesyen yang penuh dengan keindahan.

Baru-baru ini dia membuat sepatu monster yang estetik sebagai koleksi perdana untuk AVAVAV, sebuah label fesyen mewah berkelanjutan yang berbasis di Florence, Italia.

Sebelumnya, Karlsson dikenal karena merancang karya anatomi bokong Kim Kardashian dan kaki bayi dari silikon. Dia juga seorang desainer untuk merek pakaian pria, Pyer Moss.

Karlsson mengatakan, sepatu boots monster Bloody and Slimey Feet adalah perpanjangan dari The Claw, sepatu tangan yang diperbesar yang pernah dibuatnya beberapa tahun lalu.

"Sebagai seorang desainer, saya selalu mencoba untuk mendefinisikan kembali pemikiran pribadi saya tentang pakaian, aksesori, dan produk," terangnya.

"Dengan karya sepatu boots ini, saya berusaha untuk membangkitkan sensasi keanehan," sambung dia.

Baca juga: Penjualan Sepatu High Heels Alami Penurunan

Koleksi sepatu monster dari label AVAVAV, karya desainer, Beate Karlsson. Sumber: https://avavav.comKOMPAS.COM/RYAN SARA Koleksi sepatu monster dari label AVAVAV, karya desainer, Beate Karlsson. Sumber: https://avavav.com

Menurutnya, ketika kita menemukan sesuatu yang tidak normal, kita akan menjauh dari pemikiran yang sempit.

Nyatanya, sepatu boots tersebut umumnya diterima dengan baik, meskipun ada juga beberapa reaksi negatif dari orang-orang yang merasa jijik.

Karlsson kerap membuat karya yang memang aneh dan eksentrik karena dia beranggapan, bahwa siluet anatomi manusia cukup menarik.

"Saya sering berakhir dengan bentuk tangan untuk sepatu atau tas berbentuk payudara dan sebagainya," ungkapnya.

Dalam proses pembuatan koleksi sepatu boots monsternya ini, dia memanfaatkan bahan-bahan dari kain deadstock yang bersumber di Florence dan kemudian diberi lapisan permukaan silikon.

"Meskipun perusahaan ini masih sangat kecil, tetapi saya ingin membuat beberapa produk sendiri dengan melakukan produksinya secara berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: Kolaborasi Unik Adidas x Mr. Bailey Bikin Sepatu Moluska

Mengenai poin ini, salah satu pendiri AVAVAV yakni Linda Friberg menjelaskan, setelah bertahun-tahun berkecimpung di industri mode, dia sangat ingin membangun masa depan dunia fesyen menjadi lebih baik khususnya dalam hal keberlanjutan.

Koleksi boots monster tersebut juga sekaligus memberikan pesan, bahwa sampai saat ini industri mode masih menyumbang limbah bahan mentah yang berlebihan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X