Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu yang Terinspirasi Kaki Monster Karya Desainer Beate Karlsson

Kompas.com - 19/02/2021, 17:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Monster dikenal sebagai sosok yang penuh dengan keburukan dan mengerikan. Namun di tangan seniman dan desainer, Beate Karlsson, monster justru menjadi ide menarik untuk industri fesyen yang penuh dengan keindahan.

Baru-baru ini dia membuat sepatu monster yang estetik sebagai koleksi perdana untuk AVAVAV, sebuah label fesyen mewah berkelanjutan yang berbasis di Florence, Italia.

Sebelumnya, Karlsson dikenal karena merancang karya anatomi bokong Kim Kardashian dan kaki bayi dari silikon. Dia juga seorang desainer untuk merek pakaian pria, Pyer Moss.

Karlsson mengatakan, sepatu boots monster Bloody and Slimey Feet adalah perpanjangan dari The Claw, sepatu tangan yang diperbesar yang pernah dibuatnya beberapa tahun lalu.

"Sebagai seorang desainer, saya selalu mencoba untuk mendefinisikan kembali pemikiran pribadi saya tentang pakaian, aksesori, dan produk," terangnya.

"Dengan karya sepatu boots ini, saya berusaha untuk membangkitkan sensasi keanehan," sambung dia.

Baca juga: Penjualan Sepatu High Heels Alami Penurunan

Koleksi sepatu monster dari label AVAVAV, karya desainer, Beate Karlsson. Sumber: https://avavav.comKOMPAS.COM/RYAN SARA Koleksi sepatu monster dari label AVAVAV, karya desainer, Beate Karlsson. Sumber: https://avavav.com

Menurutnya, ketika kita menemukan sesuatu yang tidak normal, kita akan menjauh dari pemikiran yang sempit.

Nyatanya, sepatu boots tersebut umumnya diterima dengan baik, meskipun ada juga beberapa reaksi negatif dari orang-orang yang merasa jijik.

Karlsson kerap membuat karya yang memang aneh dan eksentrik karena dia beranggapan, bahwa siluet anatomi manusia cukup menarik.

"Saya sering berakhir dengan bentuk tangan untuk sepatu atau tas berbentuk payudara dan sebagainya," ungkapnya.

Dalam proses pembuatan koleksi sepatu boots monsternya ini, dia memanfaatkan bahan-bahan dari kain deadstock yang bersumber di Florence dan kemudian diberi lapisan permukaan silikon.

"Meskipun perusahaan ini masih sangat kecil, tetapi saya ingin membuat beberapa produk sendiri dengan melakukan produksinya secara berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: Kolaborasi Unik Adidas x Mr. Bailey Bikin Sepatu Moluska

Mengenai poin ini, salah satu pendiri AVAVAV yakni Linda Friberg menjelaskan, setelah bertahun-tahun berkecimpung di industri mode, dia sangat ingin membangun masa depan dunia fesyen menjadi lebih baik khususnya dalam hal keberlanjutan.

Koleksi boots monster tersebut juga sekaligus memberikan pesan, bahwa sampai saat ini industri mode masih menyumbang limbah bahan mentah yang berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com