Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2021, 10:30 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kanker payudara merupakan jenis kanker dengan angka kasus nomor satu di dunia.

Menurut data yang dirilis GLOBOCAN, pada tahun 2020 sebanyak 684.996 orang di seluruh dunia meninggal akibat kanker payudara.

Bagaimana dengan di Indonesia? Data dari Global Cancer Observatory tahun 2020 menunjukkan, kanker payudara menjadi kasus terbanyak yang terjadi di Indonesia, yakni 65.858 kasus dari total 396.914 kasus kanker.

Kementerian Kesehatan RI juga menyebutkan, kanker payudara menempati urutan pertama sebagai salah satu penyebab kematian terbanyak akibat kanker di Indonesia.

"Insiden kanker di Indonesia ada lima yang terbanyak, pertama kanker payudara 16,7 persen," ujar Rita Rogayah, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes.

Rita menyampaikan hal itu dalam webinar "Akses Penanganan Kanker Payudara HER2-positif Stadium Dini, Tantangan dan Harapan" yang diadakan CISC pada Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Terdiagnosis Kanker Payudara, Haruskah Payudara Diangkat?

Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC) adalah komunitas kanker yang berdiri di Jakarta pada 2003, dengan tujuan memberi edukasi dan dukungan kepada masyarakat, khususnya penyintas kanker.

Dilanjutkan Rita, jenis kanker lain yang memicu kematian terbanyak kedua akibat kanker di Indonesia adalah kanker serviks (9,3 persen), disusul kanker paru dan kanker usus besar (8,6 persen), dan kanker hati (5,3 persen).

"Angka kanker payudara cukup tinggi, dan ada beberapa distribusi keganasan pada wanita di beberapa wilayah di Indonesia," cetusnya.

Guna mengurangi kasus penyakit kanker payudara, Rita berpandangan perlunya deteksi dini untuk segera menemukan potensi kanker dan melakukan pengobatan sehingga penyakit lebih cepat disembuhkan.

"Yang terpenting kita meningkatkan deteksi dini dan penemuan sehingga bisa dilakukan tindak lanjut," ucap Rita.

Baca juga: Penyintas Kanker Payudara Bisa Tetap Beraktivitas secara Normal

Jenis-jenis kanker payudara

Dalam kesempatan yang sama, spesialis bedah onkologi, dr Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk, MEpid, MARS menerangkan beberapa jenis kanker payudara yang ada.

Dia menyebutkan, secara umum kanker payudara terbagi berdasarkan status ada tidaknya reseptor di permukaan sel yang memengaruhi pertumbuhan sel kanker payudara.

Menurut Sonar, jenis kanker payudara dibagi menjadi:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com