Kompas.com - 20/02/2021, 10:30 WIB
pita merah mudah sebagai simbol kanker payudara Pixabay/marijana1pita merah mudah sebagai simbol kanker payudara
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kanker payudara merupakan jenis kanker dengan angka kasus nomor satu di dunia.

Menurut data yang dirilis GLOBOCAN, pada tahun 2020 sebanyak 684.996 orang di seluruh dunia meninggal akibat kanker payudara.

Bagaimana dengan di Indonesia? Data dari Global Cancer Observatory tahun 2020 menunjukkan, kanker payudara menjadi kasus terbanyak yang terjadi di Indonesia, yakni 65.858 kasus dari total 396.914 kasus kanker.

Kementerian Kesehatan RI juga menyebutkan, kanker payudara menempati urutan pertama sebagai salah satu penyebab kematian terbanyak akibat kanker di Indonesia.

"Insiden kanker di Indonesia ada lima yang terbanyak, pertama kanker payudara 16,7 persen," ujar Rita Rogayah, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes.

Rita menyampaikan hal itu dalam webinar "Akses Penanganan Kanker Payudara HER2-positif Stadium Dini, Tantangan dan Harapan" yang diadakan CISC pada Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Terdiagnosis Kanker Payudara, Haruskah Payudara Diangkat?

Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC) adalah komunitas kanker yang berdiri di Jakarta pada 2003, dengan tujuan memberi edukasi dan dukungan kepada masyarakat, khususnya penyintas kanker.

Dilanjutkan Rita, jenis kanker lain yang memicu kematian terbanyak kedua akibat kanker di Indonesia adalah kanker serviks (9,3 persen), disusul kanker paru dan kanker usus besar (8,6 persen), dan kanker hati (5,3 persen).

"Angka kanker payudara cukup tinggi, dan ada beberapa distribusi keganasan pada wanita di beberapa wilayah di Indonesia," cetusnya.

Guna mengurangi kasus penyakit kanker payudara, Rita berpandangan perlunya deteksi dini untuk segera menemukan potensi kanker dan melakukan pengobatan sehingga penyakit lebih cepat disembuhkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X