Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Daftar Makanan yang Harus Dibuang Setelah Banjir

Kompas.com - Diperbarui 16/10/2022, 05:42 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber CDC

 

KOMPAS.com - Konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus maupun bakteri dari air banjir bisa menyebabkan sejumlah penyakit.

Untuk mencegah terjangkit penyakit, usahakan memastikan makanan yang dikonsumsi higienis dan membuang makanan yang dicurigai sudah terkontaminasi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebutkan beberapa makanan yang harus dibuang setelah banjir, antara lain:

  • Makanan yang bau, warna dan teksturnya berubah. Jika meragukan, lebih baik tetap membuangnya.
  • Makanan yang mudah membusuk dan disimpan pada kulkas yang listriknya mati selama lebih dari empat jam. Beberapa makanan tersebut termasuk daging sapi, ayam, ikan, telur, dan sisa makanan.
  • Makanan yang tidak dalam kemasan atau kaleng.
  • Makanan kaleng atau makanan dalam wadah yang menggelembung, terbuka atau rusak. Buang makanan jika wadah menyipratkan cairan atau busa ketika kamu membukanya atau jika makanan di dalamnya berubah warna, berjamur atau baunya tidak enak.
  • Buang makanan dengan wadah bertutup sekrup, tutup putar, tutup lipat, hingga tutup bertipe snap-open, serta makanan kaleng rumahan karena tidak dapat didisinfeksi. Buang makanan ke dalam wadah karton, termasuk kotak jus, susu dan susu formula.
  • Untuk peralatan makan atau memasak, buang talenan kayu, dot botol bayi, dan dot jika terkena air banjir karena tidak dapat dibersihkan dengan benar.

Baca juga: Waspadai 7 Penyakit yang Mengintai Usai Banjir

Cara aman mengonsumsi air minum setelah banjir

Setelah banjir, minum atau memasak menggunakan air kran mungkin tidak aman.

Jangan gunakan air yang dicurigai terkontaminasi untuk memasak, menyikat gigi, mencuci dan mempersiapkan makanan, membuat es batu, atau membuat susu formula.

Hindari alkohol karena akan membuat tubuh dehidrasi dan membuatmu lebih membutuhkan air minum.

Air bisa direbus, didisinfeksi atau disaring agar lebih bersih, namun langkah paling aman adalah mengonsumsi air minum kemasan yang tidak terkontaminasi air banjir.

Baca juga: Tips Bersihkan Beragam Perabot Rumah Pasca Banjir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CDC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com