Kompas.com - 21/02/2021, 11:00 WIB
Sejumlah rumah di RW 02, Jagakarsa, Jakarta Selatan terendam banjir setinggi sekitar 50 centimeter pada Sabtu (20/2/2021) pagi. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOSejumlah rumah di RW 02, Jagakarsa, Jakarta Selatan terendam banjir setinggi sekitar 50 centimeter pada Sabtu (20/2/2021) pagi.

KOMPAS.com - Bencana banjir tentu membuat rumah menjadi berantakan. Apalagi, jika air masuk dan merendam bagian dalam rumah. 

Nah, setelah air banjir mulai surut, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk membereskan rumah dan membersihkan barang-barang secara keseluruhan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak tujuh tips membereskan rumah setelah banjir yang dilansir dari laman Good Housekeeping berikut ini.

1. Mencermati kondisi rumah

Sebelum melakukan pembersihan rumah, ketahuilah, kerusakan parah membutuhkan ahli yang memiliki peralatan berat untuk menghilangkan air dan keahlian untuk memeriksa jamur.

Selain itu, masalah apa pun dengan dinding dan lantai harus ditangani secara profesional. Meski demikian, seharusnya kita dapat mengatasi banjir kecil sendiri.

Kita tidak perlu mencoba untuk menyelamatkan barang yang sudah terkontaminasi oleh limbah dan barang-barang tersebut sebaiknya langsung dibuang.

Baca juga: Catat, Daftar Makanan yang Harus Dibuang Setelah Banjir

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lihatlah juga ke langit-langit. Jika kita melihat adanya bintik-bintik air, itu indikasi kerusakan atap.

2. Mulailah pembersihan selekasnya

Demi mencegah jamur, penting untuk mengeringkan barang-barang yang mengandung air (mulai dari furnitur hingga pernak pernik kecil) dalam kurang dari waktu 48 jam.

Sebab, semakin lama basah, semakin besar kemungkinan munculnya noda jamur pada barang barang tersebut.

Mulailah dengan membuka jendela dan menggunakan kipas serta pelembap udara untuk menjaga sirkulasi udara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.