Alasan di Balik Rencana Adidas Melepas Reebok

Kompas.com - 22/02/2021, 11:22 WIB
Reebok Forever Floatride Grow HypebeastReebok Forever Floatride Grow

KOMPAS.com - Kabar adidas yang akan melepas brand Reebok akhir-akhir ini semakin santer terdengar. Perusahaan perlengkapan olahraga asal Jerman itu mengumumkan rencana pelepasan Reebok dalam pernyataan resmi pada hari 16/2/2021.

Dalam pernyataan tersebut, disebutkan adidas sudah memulai proses yang bertujuan untuk melakukan divestasi atau mengurangi aset finansial dan aset barang Reebok.

Langkah ini ditempuh adidas menyusul performa bisnis yang diumumkan pada akhir tahun 2020.

"Reebok dan Adidas akan secara signifikan lebih menyadari potensi pertumbuhan keduanya secara independen satu sama lain," kata CEO adidas, Kasper Rorsted.

"Kami akan bekerja dalam beberapa bulan mendatang untuk memastikan masa depan yang sukses bagi merek Reebok dan tim di belakangnya," tambahnya.

Baca juga: Adidas Akan Melepas Reebok

Keputusan untuk melepas Reebok dibuat sebagai bagian dari strategi lima tahun yang akan diungkapkan adidas pada 10 Maret mendatang.

Sebagai catatan, adidas membeli label asal AS itu 15 tahun yang lalu dalam rangka memperluas jangkauan adidas di pasar Nike.

Kala itu Reebok mempunyai kesepakatan dengan National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL) dalam menciptakan jersey atau seragam tim.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Reebok memiliki performa yang buruk dan kehilangan pangsa pasar.

Saat ini Reebok hanya menyumbang sekitar tujuh persen dari total penjualan adidas. Angka ini menurun dari 18 persen di tahun 2010, menurut laporan keuangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X