Kompas.com - 23/02/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah. ShutterstockIlustrasi kerja dari rumah.
|

Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

Kata deadline atau tenggat waktu adalah salah satu kata yang paling menyeramkan, baik itu bagi yang masih pelajar maupun yang sudah bekerja. Seringkali, deadline yang diberikan tidak masuk akal sehingga kita mau tidak mau bekerja mepet tenggat waktu.

Jika tidak memenuhi deadline, ada ancaman yang menunggu. Untuk yang sedang belajar, tugasmu bisa tidak diberikan nilai. Untuk yang sudah bekerja, gajimu akan terancam. Atau yang lebih parah lagi, kariermu yang bisa terancam alias kamu akan dipecat.

Baca juga: Selalu Stres Hadapi Deadline, Bagaimana Solusinya?

Bagaimana caranya bisa tetap memenuhi tugas dengan deadline yang mepet? Berikut adalah tips untuk kamu yang sedang dikejar deadline:

1. Buat strategi dan timeline untuk menyelesaikan tugas tepat waktu
Ketika menghadapi deadline yang mepet, kamu butuh memikirkan strategi dan membuat timeline untuk mengerjakannya. Selain agar lebih terstruktur, kamu jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

2. Fokus untuk menjalankan pekerjaan sesuai timeline
Setelah membuat timeline, fokus untuk menjalankan tugasmu sesuai jadwal yang kamu buat. Hindari hal-hal yang bisa mendistraksimu dalam menyelesaikan tugas, seperti media sosial, ajakan hangout teman, dan yang lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Minta bantuan orang-orang yang kamu percaya
Jika kamu kewalahan, jangan sungkan untuk meminta bantuan teman atau mendelegasikan pekerjaan ke rekan kerja yang kamu percaya! Sesedikit apapun bantuan mereka, pastinya bisa membuat pekerjaan kamu lebih ringan.

Baca juga: Jangan Resign Sebelum Dapat Pekerjaan Baru, Kenapa?

4. Lakukan sekarang, jangan ditunda-tunda
Sudah deadline-nya mepet, jangan menunda pekerjaan! Segera selesaikan tugasmu agar bisa selesai tepat waktu. Bahkan jika bisa selesai lebih cepat, kamu bisa mempunyai waktu ekstra untuk beristirahat.

5. Tetap tenang dalam mengerjakan tugas
Meski dikejar deadline, jangan panik dan tetap tenang. Jika panik, kamu tidak akan bisa berpikir jernih dan emosi menjadi tidak stabil. Bahkan, kamu bisa mengacaukan semua rencana yang sudah kamu buat di awal.

Novel ?Boyband? karya Felis Linanda.Dok Rekata Studio Novel ?Boyband? karya Felis Linanda.

Kamu bisa juga mencontoh cara Dufei menyelesaikan tugas tepat waktu dalam novel “Boyband” karya Felis Linanda. Dufei adalah seorang manajer boyband di agensi bernama The One Management di Taipei, Taiwan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.