Kompas.com - 23/02/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Seiring usia, kulit akan mengalami penuaan karena berkurangnya produksi kolagen. Maka dari itu, kita perlu melakukan perawatan kulit sejak usia muda.

Menurut Rachel Olsen, Nutritionist Lead di Youvit, perawatan kulit harus dilakukan baik dari dalam maupun luar, dan membutuhkan waktu lama serta komitmen agar memperoleh hasil yang diinginkan.

"Banyak yang belum menyadari perawatan kulit dari dalam harus dimulai sejak usia muda, dan tentunya membutuhkan komitmen jangka panjang."

Demikian kata Rachel dalam konferensi pers "Youvit x Erha Collagen Launch - Gemesin Kulit Wajahmu!" yang diadakan virtual pada Selasa (23/02/2021).

Baca juga: 10 Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan Kulit

Rachel mengatakan, saat seseorang memasuki pertengahan hingga akhir usia 20-an, kadar kolagen mulai berkurang.

Kolagen merupakan protein yang sangat berpengaruh pada tampilan kulit. Fungsinya antara lain menjaga elastisitas kulit, menjaga kulit tetap kencang, mengurangi garis halus di wajah, menutrisi kulit dari dalam, dan membuat tekstur kulit menjadi halus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkurangnya kadar kolagen menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih tipis, sehingga menurunkan elastisitas kulit dan menimbulkan garis-garis halus di kulit.

"Itulah sebabnya perlu tindakan preventif. Pencegahan sangat penting untuk masa depan," sebut Rachel.

Baca juga: Mengenal Jenis Kerutan dan Cara Mencegahnya

Untuk perawatan kulit dari dalam, menurut ahli nutrisi dari Youvit, Puteri Aisyaffa, kita bisa mengonsumsi suplemen kolagen.

"Kolagen adalah protein khusus yang 70-80 persen ada di dalam tubuh kita. Namun kita juga butuh tambahan untuk memaksimalkan produksi kolagen di dalam tubuh," kata Puteri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.