Kompas.com - 24/02/2021, 17:48 WIB
Ilustrasi anjing jenis Doberman Pinscher. PIXABAY/YAMA ZSUZSANNA MARKUSIlustrasi anjing jenis Doberman Pinscher.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anjing menjadi salah satu hewan yang paling sering dipelihara oleh manusia karena dianggap setia dan juga pintar.

Di samping itu, ternyata anjing merupakan hewan yang memiliki banyak kelebihan yang mungkin tidak dipunyai manusia atau hewan lain.

Mau tahu apa saja? Simak, 12 kemampuan hebat yang dimiliki oleh anjing, seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest berikut ini.

1. Penciuman ribuan kali lebih tajam

Anjing bisa mencium berbagai jenis bau ribuan kali lebih baik dari manusia, karena bagian otak anjing yang mengatur indra ini 40 kali lebih besar dari milik kita.

Hidung anjing juga memiliki jutaan lebih banyak reseptor aroma, yang membuatnya mampu mengendus bau-bauan seperti narkoba, penyakit, bahan peledak, dan banyak lagi.

2. Pendengaran yang mengesankan

Indera penciuman anjing mungkin sangat mengagumkan, tetapi jangan lupakan pendengarannya.

Mulai dari posisi telinga hingga otot di dalamnya membantu anjing menangkap banyak suara yang tidak dapat ditangkap manusia.

Faktanya, penjelasan paling populer tentang mengapa anjing memiringkan kepala adalah karena hewan ini mencoba menemukan sumber suara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X