Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2021, 19:55 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Tujuan memakai produk skin care tentunya ingin mendapatkan kulit yang cantik dan sehat, serta mengatasi masalah kulit yang tengah dihadapi.

Meski terlihat sepele, namun ternyata memilih skin care ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan, lho.

Beberapa kombinasi skin care cocok dipadukan satu sama lain dan bisa memberikan hasil optimal, sementara beberapa kombinasi skin care lainnya malah bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga: 6 Kombinasi Kandungan Skin Care yang Sebaiknya Dihindari

Berikut beberapa bahan skin care yang boleh dicampur atau cocok untuk digunakan bersamaan dalam rutinitas perawatan kulit, seperti dilansir Real Simple:

1. Vitamin C dan tabir surya

Menggunakan tabir surya secara rutin selalu menjadi saran para dokter kulit agar kulit kita tetap terlindungi dari paparan sinar ultraviolet.

Nah, ternyata tabir surya bisa bekerja lebih maksimal jika dilapisi dengan serum berbasis vitamin C terlebih dahulu pada lapisan di bawahnya.

Menurut dokter kulit tersertifikasi dari New York City, Kavita Mariwalla, MD, tak peduli seberapa rajin kita menggunakan tabir surya, kulit akan tetap terkena paparan sinar matahari.

Sementara vitamin C adalah antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas, sehingga bisa memberikan perlindungan ekstra pada kulit.

Baca juga: Serum Vitamin C, Rahasia Kulit Mulus Bebas Flek Bekas Jerawat

2. Vitamin C dan asam ferulat dan/atau vitamin E
Kita bisa mendapatkan manfaat lebih dari vitamin C dengan mencari serum yang memadukannya dengan asam ferulat atau vitamin E.

Menurut dokter kulit bersertifikasi dari New York City sekaligus salah satu pendiri LM Medical dan asisten profesor dermatologi dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai, Morgan Rabach, MD, produk dengan vitamin C sangat baik untuk mengatasi kulit kendur, tekstur kulit yang tidak rata, hingga perubahan warna kulit.

Sayangnya, kandungan ini sangat tidak stabil.

Tapi, asam ferulat dan vitamin E bisa menjaga agar produk dengan vitamin C bisa tetap stabil dan mencegah kandungannya agar tidak terdegradasi.

Ketiga bahan terebut akan bekerja sinergis untuk memberikan manfaat antioksidan yang dapat melindungi kulit dengan baik.

Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kelembapan Kulit dengan Vitamin E

3. Retinoid dan peptida
Menurut Mariwalla, memadukan produk dengan kandungan retinoid dan produk berbasis peptida untuk perawatan kulit malam hari adalah pilihan yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com