Kompas.com - 24/02/2021, 19:59 WIB
ilustrasi pasangan Shutterstockilustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seseorang berbohong kepada pasangan umumnya karena ia tidak ingin melukai hati pasangannya, atau ada sesuatu yang ditutupi.

Kita biasanya sulit mengetahui kapan pasangan berbohong. Namun menurut studi terbaru, ada cara sederhana untuk mengenali gelagat pasangan yang berbohong, yaitu dengan melihat mata pasangan.

Studi itu diteliti oleh Jack Schafer, PhD, profesor di Western Illinois University's Law Enforcement and Justice Administration (LEJA) Department dan dimuat ke dalam jurnal Psychology Today.

Schafer mengatakan, kita perlu menetapkan dasar atau patokan sebagai pembanding agar tes ini berfungsi mirip seperti tes detektor kebohongan.

Amati karakteristik pasangan dalam kondisi normal untuk membantu membedakan kebenaran dan kebohongan yang dibuat pasangan.

Berdasarkan serangkaian penelitian, Schafer menjelaskan ketika orang berbohong, maka pupil mata akan membesar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, berbohong menyebabkan peningkatan permintaan kognitif dan pelebaran pupil menunjukkan peningkatan permintaan kognitif.

Baca juga: 6 Cara Kembalikan Kepercayaan Pasangan Setelah Ketahuan Berbohong

Saat pasangan berusaha membuat cerita atau penjelasan yang tidak memiliki kebenaran, otak mereka akan memprosesnya secara berbeda.

Tentu saja, ada beberapa orang yang lebih baik dalam hal berbohong jika ia sudah sering berbohong sebelumnya.

Satu studi yang diterbitkan ke dalam jurnal Frontiers in Psychology melibatkan 48 mahasiswa di Cina untuk melihat apakah berbohong bisa menjadi tindakan yang otomatis dengan latihan.

Halaman:


Sumber BestLife
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.