Kompas.com - 25/02/2021, 12:28 WIB
Ilustrasi kucing jenis Abyssinian. PIXABAY/MIMZYIlustrasi kucing jenis Abyssinian.

KOMPAS.com - Kebanyakan kucing merawat dirinya sendiri dari atas ke bawah. Jadi, kita mungkin tidak perlu terlalu banyak mengambil bagian dalam proses pembersihannya sehari-hari.

Akan tetapi, ada saatnya bagi kita untuk membersihkan telinga kucing sebagai bagian penting dari rutinitas perawatan hewan peliharaan.

Apalagi, efek penuaan, penyakit, atau cedera juga dapat membatasi kemampuan kucing dalam membersihkan diri.

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips sederhana menjaga telinga kucing tetap sehat dan bersih, yang dilansir dari laman Better Homes and Gardens.

Baca juga: Kapan Harus Memberi Makan Kucing? Ini Penjelasannya

1. Periksa telinga sedini mungkin

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cobalah untuk memeriksa telinga kucing sedini mungkin. Meskipun kucing tidak memerlukan bantuan kita untuk menjaga kebersihan telinganya, rutinitas ini akan membuat kucing terbiasa ketika kita menyentuh dan merawat telinganya.

Perkuat aspek positif dari proses tersebut dengan memberikan hadiah kecil untuk perilaku yang baik.

Pastikan juga memeriksa telinganya saat kucing terlihat tenang. Sebab, terlalu banyak gangguan atau hiperaktif akan mempersulit dan kita harus mengulanginya nanti.

Akan lebih mudah untuk membiasakan anak kucing dengan prosesnya. Saat menangani kucing yang lebih tua, terutama kucing yang cukup gugup, akan sulit membuatnya cukup rileks dan nyaman dengan prosesnya.

Baca juga: Kucing Suka Dibelai-belai, tapi Jangan Sentuh Bagian Ini...

2. Posisikan diri dengan baik

Bergantung pada seberapa kooperatif kucing, selain menggendongnya dengan erat dan aman, kita mungkin menemukan bahwa membedongnya dengan handuk sangat membantu.

Ini akan membuatnya merasa aman dan akan mencegahnya menggigit, menggaruk, atau kabur.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X