Kompas.com - 26/02/2021, 04:30 WIB
Ilustrasi sakit kepala saat bangun pagi. SHUTTERSTOCKIlustrasi sakit kepala saat bangun pagi.

KOMPAS.com - Pernahkah kamu terbangun di pagi hari dan merasakan sakit di kepala? Rasa berdenyut yang amat mengganggu sungguh mengganggu bukan?

Berurusan dengan sakit kepala memang bukanlah hal menyenangkan. Bahkan sakit kepala ringan sekali pun dapat mengganggu produktivitas.

Tak heran ketika seseorang mengalami sakit kepala, maka dia akan berusaha langsung mengatasinya.

Namun, ada sebagian orang yang mengalmi sakit kepala di setiap bangun pagi.

Baca juga: Cara Unik untuk Sembuhkan Sakit Kepala

Rasa sakitnya berkisar dari ringan hingga parah dan terkadang tidak pernah hilang. Kondisi ini disebut sakit kepala kronis. 

Ahli saraf Payal Soni, MD mengatakan, sakit kepala dikategorikan kronis apabila terjadi selama 15 hari atau lebih dalam sebulan.

"Sakit kepala kronis adalah gangguan sakit kepala primer yang artinya tidak disebabkan oleh kondisi lain," kata Soni seperti dikutip Cleveland Clinic.

Sakit kepala kronis bisa terjadi pada siapa saja dan pada setiap rentang usia.

Namun ada beberapa faktor risiko antara lain kegemukan, sleep apnea, kecemasan/depresi, fibromialgia -nyeri di sekujur tubuh, dan sakit punggung kronis.

Mengatasi sakit kepala kronis membutuhkan bantuan penyedia layanan kesehatan. Dr Soni menyarankan untuk mencatat sakit kepala setiap kali muncul.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Kepala Setelah Lari

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X