Kompas.com - 01/03/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Stres yang menumpuk selama di rumah saja bisa menimbulkan konflik antar pasangan, dan itu adalah hal yang wajar.

Namun saat di rumah, cara kita berselisih dengan pasangan harus diperhatikan, karena ada kemungkinan anak melihat perdebatan kita.

"Kita semua merasa gelisah saat ini," ucap Beth Proudfoot, LMFT, spesialis anak dan pelatih parenting di California, Amerika.

Bukan hanya pandemi yang dapat memicu stres. Perubahan politik, ekonomi dan cuaca juga bisa berperan.

"Ketika sistem emosi kita sudah 'sampai di atas', maka tidak perlu banyak kejadian untuk membuatnya memuncak," kata Proudfoot.

"Kebiasaan, keunikan, dan hal-hal kecil yang biasanya tidak terlalu mengganggu sebelum Covid-19, kini bisa menjadi pemicu yang membuat kita kesal."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Agar Pertengkaran Orangtua Tak Meninggalkan Luka pada Anak

Isolasi atau karantina di rumah memperburuk kondisi karena ruang kita untuk mengurangi stres semakin sempit.

Dan di rumah, hanya pasangan satu-satunya "tempat" untuk melampiaskan kekesalan kita. Itu sebabnya, konflik antar pasangan bertambah banyak.

Sebuah studi yang dilakukan University of Michigan pada Mei 2020 menemukan, pasangan menikah lebih banyak bertengkar mengenai keuangan dan masalah rumah tangga lain selama pandemi karena kesulitan ekonomi.

Tapi apa yang terjadi jika anak menyaksikan perselisihan kita dengan pasangan? Apakah anak boleh melihat perdebatan kita?

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X