Kompas.com - 01/03/2021, 18:27 WIB
Ilustrasi timbangan, berat badan naik. SHUTTERSTOCK/DMYTRO ZINKEVYCHIlustrasi timbangan, berat badan naik.

KOMPAS.com - Banyak orang yang merasa frustasi lantaran berat badannya tak kunjung turun, padahal sudah diet sampai kelaparan.

Satu hal yang perlu diingat, kondisi tubuh setiap orang berbeda. Ada baiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum memulai program penurunan berat badan.

Dokter dapat membantu menentukan program yang tepat dan aman untuk menurunkan berat badan berdasarkan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Menurunkan berat badan memang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Tapi, kehilangan terlalu banyak berat badan juga bisa mendatangkan masalah kesehatan seperti kelelahan, tulang lemah, dan gangguan kesuburan.

Namun jika program penurunan berat badan dilakukan dengan benar, maka besar kemungkinan masalah kesehatan tidak terjadi.

Baca juga: Sadari, Bahaya dari Minum Pil Pelangsing dan Diet Ketat

Di sisi lain, walaupun sudah melakukan cara yang tepat, bisa jadi berat badan tak kunjung turun. Berikut beberapa alasan yang membuat seseorang sulit menurunkan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Asupan kalori berlebih

Salah satu cara menurunkan berat badan kalori adalah defisit kalori. Artinya jumlah kalori harian yang dikonsumsi lebih sedikit dibanding yang dibutuhkan.

Namun, bila selama program penurunan berat badan tetap mengasup makanan tinggi kalori, maka program tidak akan berhasil.

Mengonsumsi makanan tinggi kalori membuat asupan kalori yang diterima tubuh lebih besar dari yang dibutuhkan.

Baca juga: Jalan Cepat atau Lari, Mana Lebih Efektif Bakar Kalori?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.