Kompas.com - 03/03/2021, 13:24 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang yang menikmati minum alkohol, baik itu wine, bir atau yang kadar alkoholnya lebih tinggi lagi. Kebiasaan ini tak hanya buruk bagi tubuh, tapi juga kecantikan kulit.

Alkohol atau minuman keras (miras) sangat buruk bagi kulit, apalagi jika ingin tetap nampak awet muda. Jairo Rodriguez, ahlo gizi dari New York, mengatakan alkohol adalah senyawa paling buruk dan agresif untuk merusak kulit.

"Saya selalu bercanda dengan pasien, jika ingin cepat tua silahkan minum alkohol," ujarnya sebagaimana dilansir dari Vogue.

Berbagai produk skin care, facial dan gaya hidup sehat akan sia-sia jika masih minum alkohol. Apalagi jika rutin dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Baca juga: Pahami, Risiko Minum Alkohol pada Usia Tertentu

Berhenti mengkonsumsi alkohol adalah jawaban jika ingin kulit yang lebih sehat. Pasalnya, alkohol mempengaruhi membran mukosa, pankreas, dan kulit secara menyeluruh.

Efek pertama adalah dehidrasi karena alkohol menarik cairan dari dalam kulit. Wanita yang rutin minum alkohol selama 20 atau 30 tahun akan nampak lebih tua 10 tahun. Hal ini karena banyaknya kerutan di wajah karena kelembaban yang rendah.

Dampak kedua, kulit juga akan mengalami peradangan sistemik karena reaksi histamin. Wajah akan tampak memerah dan lama-kelamaan akan menjadi permanen.

Rodriguez menyarankan untuk segera berhenti atau mengurangi konsumsi alkohol. Semakin cepat berhenti maka kulit dan organ tubuh lainnya akan segera beregenerasi

Namun, jika sudah berusia lanjut maka kadar kolagen akan semakin rendah. Tentunya ini membuat proses regenerasi semakin sulit.

Sementara itu, Dr.Amy Spizuoco dari Greenwich Village Dermatology di New York menyebutkan bir sebagai jenis alkohol paling buruk bagi kulit.

Baca juga: Waspadai, Minum Miras Picu Naiknya Kadar Kolesterol

Halaman:
Sumber GQ,Vogue


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.