Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2021, 14:10 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Vogue

KOMPAS.com - Dunia fashion semakin mengaburkan batas antara maskulin dan feminin. Demikian hal yang ditunjukkan oleh karya terbaru Comme des Garçons x Mikimoto dalam koleksi musim gugur 2021.

Rilisan terbaru ini berupa kalung mutiara yang berhiaskan peniti, taring sampai paku. Dengan bahan perak, material ini seakan ingin menonjolkan unsur maskulin.

Namun, kombinasinya dengan mutiara yang identik dengan keanggunan feminin membuatnya lebih modern sekaligus stylish.

Hal ini seakan menegaskan maskulinitas sejati tidak akan terganggu dengan item yang feminin.

Adrian Joffe, President Comme des Garçons menegaskan jika koleksi terbaru ini masih menonjolkan kualitas dan keaslian desain dari brandnya.

Baca juga: Perhiasan Mutiara Jadi Favorit Kamala Harris

Kali ini, Comme des Garçons Homme Plus menghadirkan desain siluet grafis. Sedangkan Mikimoto mengeksplorasi ide untuk tampilan paku yang agresif menjadi lebih ramping dan indah.

Karya ini juga sekaligus mendobrak anggapan lawas akan mutiara dengan adanya material lain yang tidak biasa. Terdapat 7 desain dengan gaya terbaru oleh Rei Kawakubo. Rancangan ini menggabungkan kesederhanaan dan keabadian mutiara dengan sudut pandang modern.

"They are for everyone," ujarnya.

Rapper A$AP Nast menjadi salah satu contohnya.  Dalam unggahan Instagramnya, ia mengenakan salah satu desain terbaru ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by “I CAN’T BREATHE” (@asapnast)

Kombinasi jas, untaian kalung mutiara, dan boneka di saku kirinya jadi penegas kepercayaan dirinya.

Nast mengatakan rilisan terbaru ini sesuai dengan gaya pribadinya yang tidak ortodoks dan spontan. Karena itu, ia benar-benar mengandalkan intuisinya dalam berbusana.

"Saya tidak melihat waktu khusus bagi siapa pun untuk memakai apapun," ujarnya.

Baca juga: 5 Alas Kaki yang Wajib Dimiliki Pria

Hanya saja memang tidak semua orang siap melakukan terobosan gaya ini. Namun seperti yang Nast katakan, sudah seharusnya semua orang bisa mengenakan mutiara kapan saja dan di mana saja.

Nast sendiri bukan yang pertama. Sebelumnya, Harry Styles kerap tampil di sejumlah kesempatan dengan kalung mutiara. Penampilannya memang lebih dinamis.

Bukan hanya mutiara, penyanyi asal Inggris ini juga kerap memakai cat kuku dan anting-anting. Namun tak ada yang pernah mempertanyakan maskulinitasnya.

Sepertinya tren dunia fashion kini akan semakin fleksibel. Item fashion bagi pria sebelumnya jauh lebih terbatas. Namun kini tidak lagi.

Bukan hal yang aneh jika pria mengenakan rok atau motif floral. Sekarang mutiara, berikutnya mungkin masih akan ada inovasi lainnya.

 Baca juga: Harry Styles Jadi Ikon Fesyen Teratas di Tahun 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Vogue
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com