Kompas.com - 04/03/2021, 09:44 WIB
Ilustrasi kosmetik SHUTTERSTOCKIlustrasi kosmetik

KOMPAS.com - Produk serum foundation sebenarnya sudah sejak lama hadir di pasaran. Kandungannya yang menyehatkan kulit sekaligus memberikan coverage yang sempurna memang dicari banyak orang.

Foundation adalah salah satu item yang wajib diaplikasikan dalam rutinitas berdandan. Apalagi jika ingin tampilan full make up dengan warna kulit yang rata dan mulus.

Sayangnya penggunaan alas bedak kerap membuat banyak orang tidak nyaman. Karena daya tutupnya yang optimal seringkali malah membuat pori-pori seperti tidak bernafas.

Belum lagi permasalahan yang muncul belakangan misalnya saja jerawat dan komedo akibat terlalu sering menggunakannya. Menjawab masalah ini kini muncul produk berupa serum foundation.

Sejumlah brand sudah lama menghadirkannya termasuk pabrikan kosmetik lokal. Hanya saja, pandemi yang mengharuskan kita untuk di rumah saja membuat produk ini kembali tren.

Baca juga: 15 Pilihan Warna Foundation untuk Ragam Warna Kulit Orang Indonesia

Karena sebelumnya make up lebih sering dipakai untuk aktivitas di luar rumah, kini pasaran lebih fokus pada produk perawatan wajah. Terbukti banyak brand kecantikan yang menerapkan prinsip "less is more".

Hal yang membuat produk dengan formula yang berat dan coverage maksimal seperti foundation tersingkir. Namun banyak wanita tetap ingin tampil cantik saat bekerja dari rumah atau menghadiri Zoom meeting bukan?

Karena itu dihadirkan kembali serum foundation atau disebut juga skin tints. Penggunanya bisa tetap tampil menawan dan mendapatkan kulit yang sehat.

Corey L. Hartman, pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama mengatakan jika ini bisa menjadi alternatif yang lebih ringan. Jika biasanya alas bedak memiliki formula yang berat sehingga teksturnya nampak kental maka kali ini berbeda.

Ia menguraikan jika foundation umumnya menggunakan bahas dasar minyak atau silikon untuk daya tutup menyeluruh. Hasilnya memang efektif setelah dioleskan ke wajah.

Baca juga: Glowing bak Aktris Asia, Ini Pilihan Masker yang Bikin Awet Muda

Namun, ini memiliki risiko penyumbatan pori-pori meskipun rendah. Ada pula yang dibuat dengan bahan dasar bedak, krim atau lilin.

Halaman:


Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X