Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Memelihara Lovebird? Ketahui Dulu 3 Hal Ini

Kompas.com - Diperbarui 03/01/2023, 08:53 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Bird Eden

KOMPAS.com - Lovebird dikenal sebagai jenis burung yang sangat ceria, mirip dengan burung beo yang mampu menghibur selama berjam-jam melalui kejenakaannya.

Burung ini juga sangat setia. Jadi, jika kita merawat dan memberikan kasih sayang sejak masih kecil, lovebird akan benar-benar menjadi hewan peliharaan yang baik.

Oleh sebab itu, apabila kita ingin memelihara seekor lovebird, pastikan kita sudah siap untuk memberikan banyak cinta, perhatian, dan perhatian kepada burung tersebut.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan sebelum menjadikan lovebird sebagai hewan peliharaan.

Baca juga: 3 Tips Jitu Agar Lovebird Kesayangan Tambah Gacor

1. Sangkar yang besar

Lovebird adalah burung kecil yang lincah dan membutuhkan ruang yang luas. Ketika kita memutuskan untuk memeliharanya, belilah kandang yang memiliki dimensi tinggi, lebar, dan panjang 2-2½ kaki untuk setiap burung.

Semakin banyak burung, maka akan semakin besar pula kebutuhan sangkar untuk menampungnya.

Sebaiknya, hindari sangkar yang terbuat dari kayu karena lovebird akan menggerogoti kayu dan menghancurkannya selama beberapa waktu.

Pastikan juga sangkar burung penuh dengan mainan seperti ayunan, cermin, dan benda-benda yang dapat dikunyah karena lovebird suka mengunyah.

Baca juga: 3 Jenis Burung Peliharaan yang Baik untuk Anak-anak

Ilustrasi burung Lovebird.birdeden.com Ilustrasi burung Lovebird.

2. Campuran biji-bijian sebagai makanan

Pemberian campuran biji-bijian sebagai makanan sangat dianjurkan untuk burung lovebird agar kesehatannya bisa tetap terjaga dengan baik.

Millet adalah bahan makanan favorit lovebird, tetapi jangan sering-sering memberikannya karena nilai gizinya tidak terlalu tinggi.

Jangan pernah memberi makan lovebird dengan makanan olahan, alpukat, bawang, gula, dan lemon.

Di samping itu, lovebird menyukai buah dan sayuran segar seperti apel, bayam, brokoli, kubis, dan wortel. Sementara, gandum utuh dinikmati cukup banyak. Kita juga bisa memberi lovebird kacang sebagai camilan ekstra.

Pastikan air yang diminum oleh burung lovebird segar dan diganti setiap hari. Apabila ada makanan yang tidak dimakan harus dikeluarkan dari sangkar setelah 3-4 jam.

Baca juga: Mengenal 9 Spesies Burung Lovebird

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Bird Eden


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com