Kompas.com - 05/03/2021, 07:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Bekas jerawat adalah salah satu masalah wajah yang dialami hampir semua orang. Jika tidak ditangani dengan tepat, efeknya bisa dirasakan hingga waktu yang lama.

Jerawat pun kerap dirasa sebagai petaka bagi sebagian besar orang. Kehadirannya memunculkan rasa tidak nyaman, gatal, dan tak jarang mengurangi kepercayaan diri.

Rasanya gemas untuk tidak memegangnya atau menghilangkannya seketika. Tak heran banyak orang yang sulit untuk menahan diri dan tidak memencet jerawat.

Baca juga: Salah Gunakan Masker Picu Munculnya Jerawat, Ini Cara Mengatasinya

Sayangnya, kebiasaan buruk ini bukannya menjadi solusi dan malah menambah masalah. Tangan yang kotor membuat wajah terkontaminasi.

Jerawat yang dipaksa keluar juga membuat jaringan kulit rusak dan meradang. Masalah lanjutan lainnya adalah bekas jerawat yang mengganggu penampilan.

Kini memang banyak produk kecantikan yang mengklaim bisa menghilangkan bekas hitam di muka. Namun sebelum membeli produk pabrikan, sebaiknya mencoba cara alami.

Bahan bakunya jelas mudah didapat. Selain itu bahan alami pun tidak memberikan efek samping.

  •  Minyak kelapa

Jenis minyak ini mengandung anti bakteri dan anti radang sekaligus. Penggunaannya bisa menjadi obat bagi semua jenis kulit.

Baca juga: Minyak Kelapa Murni Bantu Perkuat Imunitas Tubuh

Selain itu, ada pula kandungan antioksidan serta vitamin A dan vitamin K sekaligus.

Manfaatnya selain menghilangkan bekas jerawat juga membuat kulit semakin sehat dan glowing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X