Kompas.com - 05/03/2021, 07:48 WIB
. iStockphoto.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada stigma atau anggapan bahwa orang dewasa yang menangis terkesan cengeng dan kekanak-kanakan.

Apalagi, jika seorang pria terlihat menangis, maka dia bisa dinilai lemah dan tidak jantan.

Padahal dengan menangis, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan lho.

Menangis adalah respons alami dari manusia terhadap berbagai emosi, baik kesedihan yang mendalam, hingga kebahagiaan yang ekstrem.

Menangis juga dinilai memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Manfaat medis menangis sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Para ahli dan tabib di Yunani dan Roma kuno berpendapat, air mata bekerja seperti obat pencahar yang berfungsi mengeringkan dan menyucikan manusia.

Ahli psikologis saat ini sebagian besar setuju dan menekankan peran menangis sebagai mekanisme yang memungkinkan kita melepaskan stres dan rasa sakit emosional.

Baca juga: Ayah Menangis Itu Sah-sah Saja karena...

Menangis adalah katup pengaman yang penting, karena memendam perasaan di dalam hati --atau disebut koping represif-- bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebuah studi mengaitkan koping represif dengan sistem kekebalan yang kurang tangguh, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.

Repressive coping juga memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, termasuk stres, kecemasan, dan depresi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X