Kompas.com - 05/03/2021, 10:18 WIB
Pemilik Onderhoud Handmade, Rizky Afnan Penggalih. Dok ONDERHOUD HANDMADEPemilik Onderhoud Handmade, Rizky Afnan Penggalih.

BANDUNG, KOMPAS.com - Setiap kali Ben Robinson mengunggah foto sepatu boots Onderhoud Handmade, banyak orang menyatakan kekagumannya sekaligus berharap bisa memiliki salah satu sepatu buatan Bandung, Indonesia itu.

Ben Robinson merupakan pendiri Stitchdown.com, situs yang mengupas segala sesuatu mengenai sepatu-sepatu terbaik, dan situsnya banyak dijadikan rujukan oleh mereka yang mencari boots berkualitas.

Ben sendiri mengetahui keberadaan Onderhoud Handmade dari pengrajin sepatu asal Norwegia, Lars Jensen yang menyebut Onderhoud sebagai pembuat sepatu yang kualitasnya melebihi yang lain dalam hal desain, pola, dan finishing.

Dalam kalimat Lars, Onderhoud adalah "among the very best in the entire world." Salah satu yang terbaik di dunia.

Tidak heran setiap kali Ben memamerkan sepatu Onderhoud yang akhirnya bisa ia beli tahun 2019, nyaris semua follower instagramnya menanyakan kapan mereka bisa ikut memesan sepatu tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Stitchdown (@stitchdown)

Namun rupanya mendapatkan sepasang sepatu boots Onderhoud Handmade bukan perkara mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena banyaknya pesanan yang hanya dikerjakan oleh tiga orang, para pemesan harus menunggu berbulan-bulan, bahkan harus melewati undian untuk mendapatkan sepatu itu.

Saking banjirnya pesanan, sang pemilik Onderhoud Handmade, Rizky Afnan Penggalih, hanya membuka pesanan 2-3 bulan sekali, sejak tahun 2019.

Baca juga: Onderhoud Handmade, Sepatu Bandung yang Tembus ke Berbagai Negara

Kepada Kompas.com, saat dihubungi Kamis (4/3/2021) Rizky bercerita, kemampuan produksi Onderhoud Handmade hanya 3-4 pasang per minggu. Itu karena semua sepatu ia kerjakan sendiri, dibantu dua orang asisten yang ia didik dari nol.

Sedangkan pesanan yang masuk begitu banyak. Akhirnya, lulusan Teknik Industri Universitas Widyatama Bandung ini memberlakukan sistem arisan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.