Kompas.com - 05/03/2021, 14:49 WIB
Ilustrasi oven listrik. SHUTTERSTOCK/SINN P PHOTOGRAPHYIlustrasi oven listrik.

KOMPAS.com - Membersihkan oven lebih terasa seperti pekerjaan tambahan di akhir pekan dalam daftar tugas bersih-bersih dapur.

Kita sebenarnya dapat menggunakan fungsi oven yang dapat membersihkan sendiri pada suhu 600 derajat, atau memakai cairan pembersih oven yang sangat keras.

Tapi, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan membuat pasta pembersih alami dan bebas bahan kimia dari campuran baking soda dan cuka.

Baca juga: Oven Kembali Kinclong dengan 3 Bahan Ini

Nah, jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini rangkaian langkah untuk membersihkan oven dengan baking soda dan cuka, seperti dikutip dari laman Architectural Digest.

1. Siapkan perlengkapan pembersih dan oven

Untuk membersihkan oven secara menyeluruh, kita harus menyiapkan beberapa perlengkapan pembersih.

Perlengkapan pembersih terdiri dari baking soda, air, sarung tangan karet, cuka putih, botol semprotan, dan kain pembersih.

Kemudian, keluarkan rak oven dan sisihkan. Pastikan untuk mengeluarkan benda lain di dalam oven seperti termometer, serta alas pemangan.

2. Buat pasta pembersih dari baking soda

Campurkan setengah cangkir baking soda dan setengah cangkir air hingga menjadi pasta yang dapat dioleskan.

Baca juga: Bisakah Oven Langsung Digunakan Setelah Dibersihkan?

Kita akan melapisi seluruh oven dengan pasta ini, jadi buatlah secukupnya untuk menutupi seluruh permukaan di dalam oven.

Apabila kita membutuhkan lebih banyak lagi, cukup gandakan saja resep membuatnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X