Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2021, 16:27 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serial WandaVision berakhir dengan sangat mengesankan, termasuk dalam soal fashion.

Didukung dengan jalan cerita yang unik, tren make up dan busana Hollywood sejak tahun 50 hingga gaya 90-an berhasil ditampilkan.

Tayangan ini mengisahkan perjalanan Wanda Maximoff dan Vision, pasangan kekasih superhero dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Tim produksinya merancang kisahnya hadir dalam bentuk sitkom yang sempat hits dalam dunia pertelevisian sebelumnya.

Uniknya, latar waktunya terus berubah yang juga berpengaruh pada kostum yang dikenakan para tokohnya. Kisah serial yang ditayangkan di Disneyplus ini dimulai dari era tahun 1950 sampai masa modern saat ini.

Sejumlah sitkom terkenal di dekade yang berbeda menjadi sumber inspirasi gaya dan busananya. Tak heran jika Elizabeth Olsen, aktris utamanya, juga mengenakan tata rias dan gaya rambut yang berbeda setiap episodenya.

Baca juga: Rahasia Rambut Bergelombang Ikonik Si Kembar Olsen

Uniknya, miniseri ini berhasil menampilkannya dengan menarik sekaligus menjadi pengingat atas tren fashion di masa lalu.

Tricia Sawyer, Kepala Makeup Departemen dan Karen Bartek, Kepala Departemen Penataan Rambut WandaVision adalah dua orang yang bertanggungjawab atas kesuksesan tersebut.

Keduanya menerapkan teknik yang berbeda untuk setiap dekade. "Namun sambil berusaha bekerja cepat dan menjaga kesinambungan cerita," ujar Bartek dilansir dari Elle.

Berikut berbagai gaya make up dan rambut beda dekade yang dipakai dalam serial yang juga dibintangi oleh Paul Bettany ini.

Paul Bettany dan Elizabeth Olsen dalam film WandaVisionMARVEL STUDIOS Paul Bettany dan Elizabeth Olsen dalam film WandaVision

  • Vintage klasik di tahun 1950

Episode awal diilhami dari berbagai serial ketika televisi masih hitam putih misalnya saja Bewitched dan The Dick Van Dyke Show.

Penampilan Olsen terinpirasi dari gaya Audrey Hepburn yang hits kala itu. Mulai dari gaun pengantin sampai gaya rambut pendek bergaya blow yang dikenakannya. Potongan vintage dan untaian kalung mutiara adalah kombinasi sempurna untuk era itu.

Tim tata rias sengaja memilih warna biru muda untuk perona mata. Sedangkan merah muda dipakai untuk cat kuku dan lipstik.

Pertimbangan utamanya adalah transisi warna yang terjadi dalam layar hitam putih.

Baca juga: Rahasia di Balik Sentuhan Sitkom Klasik di WandaVision

  • Tren wig di tahun 1960-an

Rambut palsu menjadi salah satu item fashion hits di era retro itu. Karena itu, tim penata rambut menyiapkan berbagai jenis wig untuk setiap karakter yang muncul sejak episode 3 ini.

Gaya rambut ikal, bob, berponi dan bervolume banyak ditemukan di masa ini. Karakter Wanda sendiri hadir dengan rambut pendek yang diblow sempurna selama kisah bergulir.

Namun rambutnya yang berwarna merah tetap dipertahankan sebagai bagian dari karakter.

  • Celana cutbray dan warna biru tua ikon tahun 70-an

Momen kelahiran putra kembar Wanda Maximoff memiliki tema 70-an. Pilihan warna yang lebih berani dan desain kostum yang meriah jadi ciri khas dekade tersebut.

Dibuktikan pula dengan karakter Monica Rambeau yang membantu kelahiran Wanda dengan bercelana cutbray dan gaya rambut kribo. Kombinasi keduanya merupakan style paling diingat dari periode waktu tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Menarik WandaVision, Tayang Hari ini di Disney+ Hotstar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com