Kompas.com - 05/03/2021, 17:06 WIB
Omar Sayed Shaaban REPRO BIDIK LAYAR VIA INSTAGRAM @gwrarabia Omar Sayed Shaaban

KOMPAS.com - Seorang perenang asal Mesir memecahkan rekor dunia untuk lompatan tertinggi dari dalam air ke udara, dengan menggunakan monofin.

Monofin adalah piranti untuk menyelam berbentuk seperti ekor putri duyung, dan biasanya digunakan dalam fin-swimming, menyelam bebas, maupun underwater orienteering.

Omar Sayed Shaaban (21), pemuda asal Ismailia, mencatat lompatan setinggi 2,30 meter.

Dia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh sesama warga asli Ismailia yakni Soliman Sayed.

Baca juga: Rekor Dunia, Gadis 21 Tahun Mendayung Sendiri Lintasi Samudra Atlantik

Juga perenang Italia Cesare Fumarola, serta Stefano Figini yang semuanya mencapai jarak dua meter pada tahun 2011 -artinya rekor ini pecah setelah lebih dari sembilan tahun.

Mahasiswa teknik sipil ini sudah berenang sejak berusia delapan tahun. Dia sekarang menjadi perenang sprinter profesional di negaranya.

Ubah gaya hidup

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Guinness World Records Arabia (@gwrarabia)

Latihan untuk memecahkan rekor ini mendorong Omar mengubah semua aspek dalam gaya hidupnya.

Mulai dari soal makan, tidur, dan juga berlatih dengan tiga sesi latihan sehari -dua di antaranya berlatih di air dan mengikuti sesi di gym.

"Saya berlatih hanya untuk meningkatkan kekuatan anggota tubuh dan otot. Tetapi, tujuan saya tidak pernah untuk menambahkan otot," kata dia.

"Sebab, otot yang besar membuat sulit untuk melaju di air, jadi saya berlatih untuk mempertahankan kekuatan," sambung Omar.

Baca juga: Rekor Dunia, Jatuhkan Telur dari Ketinggian 9,2 Meter Tanpa Pecah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X