Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 12/12/2022, 14:52 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memelihara burung lovebird dapat membuat rumah semakin meriah dengan kicauannya. Sejumlah sayuran segar juga bisa ditambahkan agar peliharaan tersayang ini semakin sehat.

Burung lovebird sekarang menjadi hewan yang sedang tren dimiliki, khususnya di kalangan bapak-bapak. Suara kicau yang khas dan warna bulunya yang cerah memang menjadi daya tariknya sendiri.

Kicauannya membuat rumah semakin ramai dan bisa menghibur penghuninya. Harganya juga terjangkau dan mudah didapatkan.

Terkecuali jika burung tersebut sudah beberapa kali menang kontes maka harganya akan meroket.

Burung yang berasal dari Benua Afrika ini juga relatif mudah dipelihara. Kita bisa membeli pakannya dengan mudah di toko perlengkapan hewan.

Namun jika ingin menambah nutrisinya, bisa pula memberikan makanan tambahan berupa sayuran segar. 

Baca juga: Tertarik Memelihara Lovebird? Ketahui Dulu 3 Hal Ini

Ilustrasi burung Lovebird.birdeden.com Ilustrasi burung Lovebird.
Ada beberapa jenis asupan yang dianggap paling bagus untuk lovebird kesayangan. Cek daftarnya berikut ini:

  • Daun pepaya

Daun pepaya bermanfaat untuk burung ini karena kaya akan nutrisi. Vitamin A, vitamin B, protein, kalori, kalsium, dan karbohidrat membuat burung semakin sehat dan menambah nafsu makan.

Selain itu, pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit tetelo pada burung ini. Kandungan karosida dalam pepaya juga mengobat penyakit cacingan yang bisa membuat loverbird lemas dan enggan berkicau.

  • Kangkung

Daun kangkung disarankan diberikan jika ingin beternak burung ini. Pasalnya, nutrisi dalam sayuran hijau ini dapat mendongkrak birahi pada lovebird.

Selain itu, kangkung juga dipercaya dapat menghentikan pendarahan ketika ada luka terbuka. Cuci kangkung dengan air bersih dan berikan dalam keadaan segar untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Wortel

Lovebird banyak disukai karena warnanya yang cerah dan beragam. Untuk menjaga warna bulunya, sesekali berikan wortel sebagai ekstra food.

Nutrisi dalam sayuran ini membuat bulu burung bertambah indah. Selain itu, efeknya juga baik untuk mata dan organ tubuh burung lainnya.

  • Taoge

Taoge sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh hewan ini. Berikan sayuran ini ketika menghadapi musim hujan, saat burung rawan terkena penyakit.

Kandungan mineral, vitamin dan kalsium di dalam taoge juga bisa meningkatkan kesuburan indukan burung lovebird. Cukup berikan sayur kecambah ini sesekali saja karena kadar airnya tinggi.

  • Jagung

Jagung manis bisa membuat kicauan burung ini semakin ramai dan panjang. Para penggemar unggas ini biasanya memberikannya sebagai camilan pelengkap pakan utama.

Selain itu, jagung juga mengandung karbohidrat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada burung. Pilih jagung yang masih segar dan pipil butirannya untuk dikonsumsi oleh burung peliharaan.

 Baca juga: Mengenal 9 Spesies Burung Lovebird

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com