Kompas.com - 09/03/2021, 08:17 WIB
Ilustrasi seafood bakar terdiri dari kepiting, kerang, udang, cumi-cumi, dan ikan. SHUTTERSTOCK/SUTULASTOCKIlustrasi seafood bakar terdiri dari kepiting, kerang, udang, cumi-cumi, dan ikan.

KOMPAS.com - Kita sepertinya harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan laut atau seafood. Sebab, semakin banyak ditemukan partikel plastik berukuran antara 1 mikrometer dan 5 milimeter yang disebut mikroplastik.

Sebuah penelitian baru di Australia mencoba mengidentifikasi makanan laut yang paling mungkin menyumbang mikroplastik.

Mikroplastik diketahui sangat berlimpah di laut dan sering dimakan oleh makhluk laut, yang berarti partikel juga bisa masuk ke tubuh kita saat mengonsumsi makanan laut.

Untuk mengetahui risikonya, para peneliti dari Australian Institute of Marine Science melihat studi mikroplastik sebelumnya pada makanan laut dan membandingkannya dengan kebiasaan makan orang Australia.

Baca juga: Pencemaran Lingkungan, Bahaya Mikroplastik Mulai Cemari Tubuh Manusia

Mereka menemukan bahwa orang Australia paling mungkin menelan mikroplastik dengan memakan bivalvia seperti tiram dan kerang.

Kemudian, jumlah yang lebih kecil melalui krustasea seperti udang dan kepiting, meskipun kita tidak mengonsumsi makanan ini dengan porsi yang besar.

Penulis utama penelitian Amanda Dawson mengatakan, studi sebelumnya telah mengambil angka global dan menerapkannya secara luas.

"Tidak ada cukup data yang relevan dan dapat diandalkan bagi kami untuk memberikan angka konkret yang bagus," katanya.

"Kami perlu tahu apa yang ada di sana dan apakah itu akan menyakiti manusia. Dan jika tidak merugikan tubuh, maka kami bisa lebih fokus pada aspek lingkungan," sambung dia.

Baca juga: Bayi Telan Jutaan Partikel Mikroplastik dari Botol Susu, Benarkah?

Bahaya mikroplastik

Ketika kita berbicara tentang mikroplastik, biasanya ada asumsi bahwa mikroplastik pada dasarnya buruk.

Halaman:


Sumber ABC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X