Kompas.com - 09/03/2021, 12:40 WIB
Ilustrasi bunga telang. PIXABAY/BUTTERFLIES PSIlustrasi bunga telang.

KOMPAS.com - Artis Nadine Chandrawinata dikenal dengan gaya hidupnya yang dekat dengan alam. Terbaru, ia menikmati minuman segar hasil ekstrasi dari bunga telang, tumbuhan kaya manfaat yang ditanam di halaman rumahnya.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, ia nampak berpose dengan segelas besar minuman berwarna biru keunguan. Bukan hanya itu, terdapat beberapa kuntum bunga dengan warna serupa di telapak tangannya.

Unggahan Instagram Nadine Chandrawinata mengkonsumsi minuman dari bunga telang Unggahan Instagram Nadine Chandrawinata mengkonsumsi minuman dari bunga telang
"Ini pohonnya, ini bunganya, ini minuman dinginnya. Selamat menikmati hasil tanam kasih sayang “Telang ND” dari #tamanND", demikian caption yang diunggahnya.

Bunga yang dipegang dan diolahnya jadi minuman itu adalah bunga telang, tanaman rumahan yang sudah lama jadi favorit untuk dikonsumsi.

Tanaman yang juga disebut dengan butterfly blue pea ini mudah ditanam di pekarangan. Sebelumnya tumbuhan merambat ini banyak dipakai sebagai pewarna alami makanan.

Baca juga: Tips Membuat Bunga Telang Rajin Berbunga

Namun, siapa sangka jika tanaman dengan nama latin Clitoria Ternatea ini mengandung antioksidan, peptida, flavonol dan masih banyak lainnya. Tak heran jika mengkonsumsinya mendatangkan berbagai manfaat. Apa saja itu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Menurunkan gula darah

Bunga ini memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya resistansi insulin yang akan memicu diabetes. Konsumsi kembang telang secara rutin dapat menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil.

  • Mengatasi masalah pernafasan

Konsumsi bunga ini juga disarankan untuk penderita penyakit pernafasan seperti asma, batuk dan pilek. Kandungan antiasmatik di dalamnya dapat mengurangi iritasi di organ terkait dan bermanfaat sebagai antiekspektoran.

  • Mengobati diare

Ekstrak bunga ini dipercaya juga dapat mengobat diare berkepanjangan. Kandungan anti radang dan anti diare di dalamnya bisa menjadi penawar alami dari gangguan tubuh yang disebabkan oleh virus itu.

Baca juga: Tips Membuat Bunga Telang Rajin Berbunga

  • Mengatasi kerontokan rambut

Masalah rambut rontok dialami hampir semua orang. Jika memakai shampoo belum memberikan efek maksimal, coba konsumsi tanaman rambat ini.

Zat bioflavonoid di bunga ini bisa mengatasi kerontokan dari dalam tubuh juga mengurangi kemunculan uban.

  • Mengurangi tanda penuaan

Manfaat kembang ini juga bisa dirasakan untuk mengurangi tanda penuaan dengan meningkatkan kadar kolagen dan elastin di tubuh.

Keriput dan kerutan yang muncul seiring usia bisa sedikit tersamarkan jika rutin menikmati tanaman ini.

Baca juga: Nadine Chandrawinata: Selain Plastik, Sampah Puntung Rokok Juga Banyak Ditemukan di Laut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.