Kompas.com - 09/03/2021, 13:02 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Pola makan sehari-hari memainkan peran penting dalam kondisi kesehatan seseorang.

Banyak ahli yang merekomendasikan untuk lebih mengonsumsi bahan makanan alami dibanding makanan olahan.

Bahan makanan alami memberikan kadar vitamin, mineral, dan antioksidan yang paling optimal serta alami untuk menunjang kinerja fungsi tubuh.

Baca juga: Ketahui 6 Cara Makan Sayuran agar Penurunan Berat Badan Lebih Efektif

Menurut dr Sylvia Irawati, M.Gizi, konsumsi bahan makanan alami harus bervariasi untuk mencukupi kebutuhan gizi.

Dia merekomendasikan 'eat your rainbow', artinya mengonsumsi variasi bahan makanan alami dengan aneka warna seperti pelangi.

"Setiap warna makanan punya pigmen yang sifatnya baik untuk kesehatan," kata Sylvia dalam webinar yang diselenggarakan Re.juve beberapa waktu lalu.

Pada webinar bertajuk 'Protecting Your Family with Natural Nutrients from Clean Label Products', Slyvia lantas menjelaskan peranan makanan berdasarkan warnanya.

Misalnya saja, bahan makanan berwarna merah seperti tomat, semangka, dan jambu. Makanan tersebut mengandung likopen yang berfungsi sebagai anti-kanker dan menjaga imunitas.

Kemudian makanan berwarna jingga seperti wortel, ubi, mangga, dan labu mengandung betakaroten yang meningkatkan imunitas serta tinggi antioksidan.

Baca juga: Re.juve, Sensasi Meneguk Minuman Tradisional dengan Racikan Kekinian

Lalu buah seperti jeruk, lemon, serta pepaya yang warnanya cenderung kuning ke jingga mengandung vitamin C dan flavonoid.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X