Kompas.com - 09/03/2021, 14:03 WIB
Bunga telang yang sudah dikeringkan Shutterstock/TYSBBunga telang yang sudah dikeringkan

KOMPAS.com - Konsumsi bunga telang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun pastikan pengolahannya tepat agar nutrisinya tetap terjaga.

Bunga ini mudah ditanam dan diolah sendiri. Namun kita tetap harus memperhatikan proses pengolahannya agar tidak merusak kandungan positif tanaman ini.

Cara paling mudah menikmatinya adalah dengan dijadikan teh. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi minuman dingin menyegarkan seperti yang dilakukan aktris Nadine Chandrawinata.

Banyak yang meminum teh bungan telang dalam bentuk utuh dan kondisi segar. Meski demikian, bunga telang kering bisa lebih tahan lama untuk dijadikan campuran berbagai makanan atau minuman.

Namun apapun menu penyajiannya, hal terpenting adalah prosesnya harus tepat. Hasil riset dari Fakultas Farmasi, Universitas Wahid Hasyim menyebutkan ada dua cara terbaik untuk mengeringkan tanaman bernama latin Clitoria Ternatea ini.

Cek panduannya di bawah ini:

  • Pengeringan alami dengan sinar matahari

Bunga segar yang sudah dipetik dicuci bersih dengan air mengalir dan tiriskan di atas permukaan kertas yang bersih. Kemudian jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2 hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun pastikan penjemuran hanya dilakukan hingga pukul 12.00 siang. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan prosesnya malah akan merusak tanaman ini.

Selain itu, setiap helai bunga harus dihamparkan satu per satu. Jangan bertumpuk karena malah akan menimbulkan jamur yang menghilangkan manfaatnya.

  • Pengeringan dengan bantuan oven

Jika tak punya waktu luang untuk menjemurnya secara alami, bisa dikeringan dengan oven. Pilih hanya bunga dengan kuntum yang utuh untuk diproses dengan alat elektronik ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.