Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2021, 18:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan diet di masa pandemi Covid-19 ternyata tidak boleh sembarangan. Kekurangan serat bisa menyebabkan peradangan, serta penurunan imun tubuh.

Padahal, imun tubuh adalah salah satu hal terpenting dalam mencegah penularan Covid-19, serta penyakit berbahaya lainnya, seperti risiko kardiovaskular, hipertensi, dan diabetes.

Baca juga: Buah Pisang Bisa Jadi Sumber Asupan Serat

Seorang dokter spesialis gizi, Dr Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, SpGK mengungkapkan, sumber serat terbanyak itu berasal dari kandungan serat pada sayuran maupun buah-buahan.

Tidak hanya serat, sayur dan buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

"Makan sayur dan buah-buahan itu tetap kita butuhkan. Jangan hanya karena diet yang salah, daya tahan tubuh kita jadi menurun."

Baca juga: Buah Tinggi Serat yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Demikian penuturan Cindiawaty dalam virtual event bersama Kalbe Farma melalui aplikasi Zoom, Selasa (9/3/2021).

Menurut dia, diet itu berfokus pada penurunan lemak bukan otot. Karena penumpukan lemak, khususnya lemak jenuh, akan meningkatkan inflamasi yang berisiko terhadap penyakit.

"Kebutuhan protein atau karbohidrat biasanya bergantung pada kondisi individu masing-masing. Bisa berbeda," ujar dia.

"Tetapi kalau kebutuhan serat itu sebisa mungkin harus diperbanyak," imbuh dia.

Selain mencegah penurunan sistem imun di masa pandemi, mengonsumsi banyak serat juga bermanfaat untuk mencegah usus yang "bolong-bolong", dan mengaktifkan probiotik sebagai bakteri baik di dalam usus.

Baca juga: Tingkatkan Konsumsi Serat untuk Turunkan Kolesterol

Cindiawaty menganjurkan kita agar mengonsumsi serat sebanyak 25-30 gram atau sekitar 5-7 kepalan tangan buah, maupun sayuran setiap harinya demi kesehatan yang optimal.

Lebih lanjut, dia mengatakan, apabila ada orang-orang yang berkeinginan untuk tetap melakukan diet di masa pandemi, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com