Kompas.com - 10/03/2021, 07:43 WIB
Ilustrasi orang gemuk YakobchukOlenaIlustrasi orang gemuk
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi kebanyakan pria yang ingin menurunkan berat badan, hal paling umum yang dilakukan adalah berolahraga, karena menahan lapar dianggap lebih menyiksa.

Selama ini olahraga dianggap efektif untuk membuat tubuh lebih langsing. Kita semua juga tahu pentingnya aktivitas fisik untuk hidup sehat.

Tetapi seberapa besar pengaruh olahraga dalam menurunkan berat badan? Menurut pandangan ilmiah, dampaknya sangat sedikit.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai olahraga dan dampaknya pada penurunan berat badan, kita perlu tahu bahwa olahraga tetap merupakan aktivitas yang sangat penting.

Bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga bagi kesehatan mental kita.

Melakukan aktivitas fisik terbukti memiliki pengaruh positif pada banyak penyakit seperti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer, dan demensia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Olahraga juga penting dalam membantu kita mempertahankan penurunan berat badan setelah mencapai kisaran berat badan yang sehat.

Kendati demikian, sebagian besar penelitian menemukan bahwa olahraga mungkin memainkan peran yang jauh lebih kecil dalam menurunkan berat badan daripada yang selama ini kita yakini.

Baca juga: Antara Olahraga dan Jaga Makan, Mana yang Efektif Turunkan Berat Badan?

Hubungan olahraga dan penurunan berat badan

Banyak penelitian yang telah mengamati hubungan antara olahraga dan penurunan berat badan. Hasilnya cukup jelas, bahwa olahraga saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.