Kompas.com - 10/03/2021, 08:49 WIB
Ilustrasi olahraga IbrakovicIlustrasi olahraga

KOMPAS.com - Gundukan lemak di sisi pinggang merupakan masalah bagi pria maupun wanita. Sejumlah gerakan workout bisa dicoba untuk membuat pinggang kembali ramping seperti sediakala.

Love handles alias lemak yang terletak di area obliques itu memang menyebalkan. Kehadirannya jelas menganggu penampilan dan meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan obesitas.

Tidak mudah untuk menghilangkan timbunan lemak di area ini. Diet kalori saja tidak cukup.

Para pakar menyarankan perubahan pola makan disertai jenis workout khusus untuk membuat tubuh kembali kencang.

Defisit kalori akan membantu menghilangkan lemak tubuh subkutan yang berada di bawah kulit. Khusus untuk menghilangkan love handles, cutting kalori tersebut harus dilakukan secara konstan.

Sementara itu, exercise akan menciptakan otot sebagai pengganti lemak yang hilang. Namun sangat disarankan untuk melakukan gerakan kombinasi yang menyeluruh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, compound exercise dengan berbagai variasi gerakan ini bermanfaat untuk membentuk lebih banyak otot dibandingkan gerakan tunggal seperti crunch.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Hilangkan Lemak Perut

Jenis latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular sangat disarankan untuk membentuk area oblique tersebut. Apa saja gerakan yang disarankan agar perut dan pinggang kembali kencang?

  • Side planks

Posisi side plank untuk menguatkan otot perutg-stockstudio Posisi side plank untuk menguatkan otot perut
Gerakan ini mungkin tidak mudah dilakukan namun hasilnya sangat efektif. Jenis workout ini berfungsi mengencangkan seluruh bagian tengah tubuh dengan fokus pada area obliques.

Lakukan side planks selama 10 detik di setiap sisinya tiap set. Awali dengan tiga set kemudian tingkatkan terus durasinya hingga 1 menit lamanya.

Baca juga: Praktis dan Tanpa Alat, Apa Saja Manfaat Plank?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.