Kompas.com - 10/03/2021, 22:00 WIB
Covid 19 virus transmission ShutterstockCovid 19 virus transmission

KOMPAS.com – Meski sudah setahun berlalu, sejak pertama kali kasus infeksi Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia, namun hingga hari ini belum ada tanda-tanda pandemi bakal segera usai.

Di tengah ketidakpastian yang kian memanjang ini, maka satu-satunya cara untuk melindungi diri dari infeksi virus ini adalah dengan tetap waspada dan tak lengah. 

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 Lebih Mungkin Dirasakan Perempuan, Ini Sebabnya

Nah, sebagai pengikat, tak ada salahnya untuk kembali melihat dan lalu menerapkan delapan tips utama demi menjaga diri dari infeksi virus corona

1. Mencuci tangan

"Hal yang harus kita lakukan untuk melindungi diri dari virus corona adalah sebuah hal yang harus dilakukan setiap hari." 

"Hal nomor satu yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah mempraktikkan kebersihan pribadi yang baik," kata Dr. Moorcroft.

Untuk mencegah tertular dari Covid-19 dapat dilakukan dengan kerap mencuci tangan menggunakan sabun setidaknya selama 20 detik.

Lakukan ini secara rutin di sepanjang hari, terutama saat hendak makan dan minum.

2. Menggunakan masker

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyarankan orang untuk mengenakan pentup wajah dari kain, saat berada di muka umum.

Menggunakan masker bukan hanya dapat melindungi diri sendiri, melainkan juga orang lain.

Hal ini, dikarenakan bisa saja udara yang kita hirup terdapat partikel uap air dari pernapasan orang lain yang terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Penyintas Covid-19 Masih Bisa Terinfeksi Virus Corona B.1.1.7

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.